Kamis, 13 Juni 2024 Portal Berita Entrepreneur

Miliarder Investor Ray Dalio Berikan Alarm Peringatan Soal Inflasi, Katanya...

Foto Berita Miliarder Investor Ray Dalio Berikan Alarm Peringatan Soal Inflasi, Katanya...
WE Entrepreneur, Jakarta -

Investor miliarder Ray Dalio mengirimkan peringatan mengerikan tentang prospek inflasi. Nilai kekhawatiran Dalio terhadap inflasi ini bahkan mencapai delapan hingga 10.

Tampaknya, pendiri Bridgewater Associates ini benar soal kecemasan terhadap inflasi. Pasalnya, melansir Yahoo Finance di Jakarta, Rabu (6/4/22) Indeks Harga Konsumen (IHK) naik sebesar 7,9% di bulan Februari, menandai laju inflasi tahunan tercepat dalam 40 tahun di tengah dorongan yang lebih tinggi dalam harga sewa, makanan, dan mobil bekas.

Sementara itu, indeks Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) naik 6,4% di Februari, lebih cepat dari kenaikan 6,1% di Januari. Ini mewakili tingkat inflasi tercepat sejak 1982.

Baca Juga: Ray Dalio Prediksi Dunia Akan Hadapi Stagflasi: Pengangguran Meningkat hingga Inflasi Tinggi

Jumlah perusahaan S&P 500 yang mengutip "inflasi" pada panggilan pendapatan telah mencapai level tertinggi dalam 10 tahun, kata FactSet.

Sementara itu, harga minyak telah turun dari level tertingginya sekitar USD140 per barel yang terlihat pada awal perang Rusia-Ukraina, tetapi tetap tidak nyaman tinggi di atas USD100. Harga gas terus berada di atas USD4 per galon nasional untuk reguler tanpa timbal, yang mulai membebani kepercayaan konsumen dan kunjungan toko ritel.

Karena harga telah naik di seluruh perekonomian, Federal Reserve mulai menaikkan suku bunga untuk mendinginkan keadaan. Laju kenaikan suku bunga mungkin lebih cepat dari yang diperkirakan sebagian besar pelaku pasar, seperti yang terlihat dalam reaksi keras terhadap harga saham Selasa di tengah komentar hawkish dari Gubernur Fed berpengaruh Lael Brainard.

"Saat ini, inflasi terlalu tinggi dan tunduk pada risiko naik," kata Brainard pada konferensi Selasa. “Komite siap untuk mengambil tindakan yang lebih kuat jika indikator inflasi dan ekspektasi inflasi menunjukkan bahwa tindakan tersebut diperlukan.”

Menurut Dalio, kita akan memasuki fase stagflasi mengingat latar belakang yang bergejolak.

"Saya pikir kemungkinan besar yang akan kita alami adalah periode stagflasi. Dan kemudian Anda harus memahami bagaimana membangun portofolio yang seimbang untuk lingkungan semacam itu," kata Dalio.

Stagflasi dapat didefinisikan sebagai periode pertumbuhan ekonomi yang lambat, pengangguran yang meningkat dan inflasi yang meningkat. Dalio juga menambahkan bahwa kita tengah memulai perubahan paradigma.

Tag: Ray Dalio, miliarder, investor, Inflasi

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: CNBC.com