Minggu, 28 April 2024 Portal Berita Entrepreneur

Dijuluki 'The Sultans of Content', Ini Sumber Pundi-Pundi Kekayaan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Foto Berita Dijuluki 'The Sultans of Content', Ini Sumber Pundi-Pundi Kekayaan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina
WE Entrepreneur, Jakarta -

Majalah bisnis bergengsi, Forbes Indonesia menjadikan pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina sebagai sampul majalah dan diberi gelar 'The Sultans of Content' dalam edisi bintang digital tahunan kedua Forbes Indonesia.

Dalam unggahannya di Instagram, Forbes Indonesia mengatakan bahwa mereka telah memilih lima pembuat konten yang telah membangun ketenaran dan kekayaan melalui berbagai platform digital dan bertujuan untuk memposting konten media sosial yang positif. Raffi dan Gigi, sapaan akrab Nagita Slavina, dipilih menjadi sampul majalah dan kisah utama Forbes Indonesia.

Baca Juga: 3 Fakta 'Sultan Andara' Raffi Ahmad Rogoh Rp75 M untuk Pabrik Olahan Sapi di NTB, Super Brilian!

"Termasuk kisah utama kami, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, yang bertransformasi dari selebriti menjadi pengusaha lewat perusahaan mereka, RANS Entertainment," tulis Forbes Indonesia di Instagram.

Forbes Indonesia menilai, dengan terlibat secara dekat dan memanfaatkan audiens, para pembuat konten menggunakan platform untuk tujuan yang tak hanya sekadar hiburan, seperti menyuarakan pesan sosial di masa-masa sulit, membantu UMKM, dan memperluas pembuatan konten menjadi bisnis yang mapan.

Tak aneh Raffi dan Gigi menjadi kisah utama Forbes Indonesia mengingat bisnisnya yang kini menggurita. Padahal, keduanya berasal dari kalangan selebritas. Lantas, apa saja sih bisnis dan sumber pundi-pundi kekayaan 'Sultan Andara' ini? Berikut ulasan WE Online dari berbagai sumber!

1. YouTube

Melalui RANS Entertainment Raffi dan Gigi terjun membuat konten YouTube pada akhir 2015, lewat channel Youtube RANS Entertainment. Dengan ketenaran mereka, keduanya mampu mengumpulkan subscriber fantastis yakni 22,9 juta subscriber. Konten channel RANS Entertainment juga sudah ditonton lebih dari 5,09 miliar kali.

Berdasarkan situs Social Blade, pendapatan Raffi dan Gigi per bulannya dari YouTube bisa mencapai USD24.100 sampai USD385.200 atau sekitar Rp345 juta-Rp5,5 miliar. Adapun per tahunnya, channel YouTube RANS Entertainment bisa menyentuh angka USD288.900 sampai USD4,6 juta atau sekitar Rp4,1 miliar-Rp66 miliar. Wow!

Tak hanya itu, dengan adanya iklan dan konten sponsor juga dapat menambah pundi-pundi pendapatan channel YouTube RANS Entertainment. Luar biasa sekali ya!

2. Deretan bisnis RANS Entertainment

Selain YouTube, Raffi Ahmad juga memiliki bisnis lain di bawah naungan RANS Entertainment yakni ada RANS Animation Studio yang berfokus di serial animasi, PoweRANSgers yang menayangkan kegiatan para kru dari RANS Entertainment, RANS Music, dan taman bermain yakni RANS Zoo yang dibangun di Pantai Indah Kapuk 2 dengan luas 2,6 hektar.

3. Olahraga

Tak ketinggalan, di bidang olahraga, Raffi Ahmad juga turut melebarkan sayapnya. Pada Maret 2021, ia mengakuisisi sepak bola liga 2 yakni Cilegon FC sehingga berubah menjadi RANS Cilegon FC. Kemudian ada juga di bidang olahraga basket, Raffi memiliki RANS PIK Basketball.

Selain itu, dalam laga E-Sport, Raffi memiliki RANS E-Sport yang berfokus pada game seperti Mobile Legends, dan lainnya.

4. Bisnis Kecantikan

Nagita Slavina yang kecantikannya sudah terkenal sejak dahulu juga tak ketinggalan berbisnis kecantikan. Dalam bidang kecantikan dan juga perawatan, Gigi memfokuskan bisnis dalam RANS Beauty. Ia juga memiliki bisnis dalam Toko Mama Gigi dengan konsep live shopping.

5. Bisnis Makanan

Pada bisnis makanan, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga memiliki bisnis yakni Brulee Mama Gigi, RA Street (cafe) dan Aa Raffi Chicken.

6. Aset lainnya

Selain pendapatan dari berbagai sumber tersebut, Raffi juga memiliki beberapa aset signifikan. Sebelumnya, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) alias Emtek akan membeli 17 persen saham Rans Entertainment milik artis Raffi Ahmad. Transaksi tersebut diperkirakan akan mengeluarkan biaya hingga Rp248 miliar.

7. Endorse dan Brand Ambassador

Pendapatan Raffi dan Gigi juga berasal dari endorse Instagram dan brand ambassador. Sebagaimana diketahui, Raffi juga menjadi brand ambassador dari berbagai perusahaan, salah satunya perusahaan logistik pengiriman SiCepat Ekspres dan salah satu produk kecantikan.

Dengan jumlah followers mencapai 59,3 juta di akun @raffinagita1717, berbagai perusahaan atau pebisnis jelas tertarik untuk mengendorse keduanya demi engagement yang signifikan.

Sejak dahulu, biaya endorse di Instagram sendiri tak bisa dipandang remeh. Terlebih, Raffi dan Gigi sudah terkenal sejak dahulu.

Tag: Raffi Ahmad, Nagita Slavina, RANS Entertainment

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Instagram/Forbes Indonesia