Sabtu, 23 November 2024 Portal Berita Entrepreneur

Taipan Barang Mewah Prancis Ragu soal Metaverse: Kita Harus Waspada dengan Gelembung

Foto Berita Taipan Barang Mewah Prancis Ragu soal Metaverse: Kita Harus Waspada dengan Gelembung
WE Entrepreneur, Jakarta -

Konglomerat barang mewah dan Kepala Eksekutif LVMH Bernard Arnault mengatakan bahwa metaverse bisa menjadi peluang bisnis bagi raksasa mewah itu, tetapi ia juga berujar bahwa kita harus waspada dan hati-hati terhadap 'gelembung'.

Saat industri mewah menjadi pusat perhatian dalam harapan pertumbuhan metaverse, bahkan ada tas Gucci virtual dijual seharga USD4.500 (Rp64,6 juta) di Roblox, merek seperti Nike, Balenciaga, dan Burberry turut membuat rencana untuk mengubah status dunia nyata mereka menjadi keuntungan digital.

Baca Juga: Elon Musk: Kalau McDonald's Terima Dogecoin, Saya Akan Makan Happy Meal di TV

Mengutip CNBC International di Jakarta, Jumat (28/1/22) Nike baru-baru ini mengakuisisi merek sepatu digital RTFKT, yang menjual 600 pasang sepatu virtual seharga USD3,1 juta (Rp44,5 miliar), sementara Burberry berkolaborasi dengan Mythical Games untuk meluncurkan token yang tidak dapat dipertukarkan.

Saat ini, LVMH berfokus pada yang nyata daripada virtual, ujar Arnault selama panggilan pendapatan perusahaan baru-baru ini.

“Pada tahap ini, kami sangat banyak di dunia nyata, menjual produk nyata,” ujar Arnault. “Kami tidak tertarik menjual sepatu virtual seharga 10 euro. Kami tidak menyukainya.”

Arnault juga memperingatkan gelembung spekulatif yang berpotensi memiliki nilai komersial kecil yang bertahan lama mirip dengan banyak perusahaan dan janji gelembung dot-com.

“Kita harus mewaspadai gelembung,” katanya. “Pada awal internet, ada banyak hal yang bermunculan dan kemudian gelembung itu pecah. Mungkin ada aplikasi yang relevan, tetapi kita harus melihat alam semesta apa yang sebenarnya menguntungkan.”

Arnault mengakui bahwa metaverse memprovokasi pemikiran dan bisa memiliki masa depan untuk merek tertentu.

“Akan menarik untuk melihat bagaimana hal itu menghasilkan keuntungan,” katanya. “NFT menghasilkan keuntungan, dan saya yakin ini akan memiliki efek positif jika semuanya dilakukan dengan benar.”

Meskipun inflasi meningkatkan beberapa biaya produksi LVMH, perusahaan mampu menaikkan harga ecerannya lebih tinggi lagi, mengangkat marginnya menjadi 26,7%, naik delapan poin dibandingkan tahun 2020.

Arnault menekankan bahwa perusahaan, terutama merek Louis Vuitton, menjual 'keinginan' dan 'budaya', bukan hanya jam tangan, tas, atau gaun. Dia mengutip perayaan mode anumerta Virgil Abloh di Miami, atau membawakan lagu "Moon River" oleh Beyoncé sebagai bagian dari kampanye pemasaran Tiffany & Co., sebagai momen budaya yang penting.

“Ini bukan hanya perusahaan fashion. Ini adalah perusahaan kreatif budaya yang menjangkau basis pelanggan yang sangat penting di Gen Z,” katanya. “Ini adalah merek budaya dengan audiens global.”

Harga saham LVMH naik lebih dari 30% selama setahun terakhir sehingga membantu Arnault menjadi orang terkaya ketiga di dunia dengan kekayaan bersih USD159 miliar (Rp2.285 triliun), menurut Bloomberg Billionaires Index.

Tag: Bernard Arnault, LVMH

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Forbes