Minggu, 21 Juli 2024 Portal Berita Entrepreneur

Si Kaya Makin Kaya, Miliarder AS Ray Dalio Geram: Amerika Perlu Mencontoh China!

Foto Berita Si Kaya Makin Kaya, Miliarder AS Ray Dalio Geram: Amerika Perlu Mencontoh China!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Pendiri perusahaan investasi Bridgewater Associates, Ray Dalio mendesak negara-negara termasuk Amerika Serikat (AS) untuk mempersempit kesenjangan kekayaan mereka. Dalio bahkan memuji upaya China untuk menciptakan kemakmuran bersama.

Dalio melihat, dorongan Presiden Xi Jinping membantu mendistribusikan kembali kekayaan dan peluang secara lebih merata di antara penduduknya, memungkinkan ekonomi memanfaatkan kumpulan bakat yang lebih luas. Kampanye ini sering disalahpahami oleh investor internasional, yang khawatir negara itu akan kembali ke model komunis di bawah Ketua Mao Zedong.

Baca Juga: Miliarder AS Ray Dalio Wanti-wanti soal Inflasi, Para Investor Perlu Lakukan Hal Ini!

“Pertama Anda menjadi kaya, lalu Anda membuat titik mendistribusikan peluang itu dengan cara yang lebih setara,” kata Dalio sebagaimana dikutip dari Yahoo Finance di Jakarta, Rabu (12/1/22).

“AS, melalui sistemnya sendiri, membutuhkan lebih banyak kemakmuran bersama, dan banyak negara lain melakukannya.” lanjutnya lagi.

Di China, langkah untuk mengatasi kesenjangan kekayaan yang luas telah melibatkan regulator yang menargetkan sektor teknologi khususnya hingga mengkhawatirkan investor.

Pihak berwenang juga berusaha mengendalikan apa yang dianggap pemerintah sebagai ekses masyarakat, termasuk fandom selebriti fanatik, sekolah menjejalkan akademik dan video game. MSCI China Index merosot hampir 23% tahun lalu, penurunan terburuk sejak 2008, dengan kekhawatiran investor tentang lingkungan politik dan peraturan yang diperparah oleh Covid-19.

Selama hampir 40 tahun, Dalio telah lama tertarik dengan China. Pada tahun 1995, Dalio bahkan mengirim putranya Matt, yang saat itu berusia 11 tahun, untuk tinggal dan bersekolah di Beijing selama setahun.

“Anda tidak tahu dari mana talenta top akan datang. Kemungkinan besar datang dari orang-orang miskin, orang-orang yang kurang beruntung seperti halnya dari orang-orang yang paling terawat,” kata Dalio tentang dorongan kemakmuran bersama para pemimpin China.

“Jadi Anda memanfaatkan bakat itu, dan Anda membuat ekonomi yang lebih baik menjadi lebih makmur dan Anda menciptakan sistem yang lebih adil.”

Pada bulan Oktober, Dalio mengatakan akan terbuka untuk membayar lebih banyak pajak, jika dia tahu uang itu akan digunakan dengan baik.

Tindakan keras peraturan China yang tak henti-hentinya telah memecah Wall Street, memicu spekulasi tentang di mana kapak akan jatuh selanjutnya.

Bridgewater telah mengelola uang negara China sejak 1993, termasuk sekitar USD5 miliar (Rp71,4 triliun) untuk dana kekayaan negara China Investment Corp. dan Administrasi Valuta Asing Negara.

Pada bulan November, Bridgewater mengumpulkan 8 miliar yuan (Rp18,5 miliar) untuk dana swasta baru di China, menjadikannya pemain dana lindung nilai global terbesar di negara tersebut.

Tag: Ray Dalio, China (Tiongkok), Amerika Serikat (AS)

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: REUTERS/Brian Snyder