Minggu, 21 Juli 2024 Portal Berita Entrepreneur

Miliarder AS Ray Dalio Wanti-wanti soal Inflasi, Para Investor Perlu Lakukan Hal Ini!

Foto Berita Miliarder AS Ray Dalio Wanti-wanti soal Inflasi, Para Investor Perlu Lakukan Hal Ini!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Investor AS Ray Dalio, pendiri hedge fund terbesar di dunia, belum lama ini mengatakan investor perlu memperhatikan lingkungan inflasi saat ini dan berhenti melihat uang tunai sebagai investasi yang aman.

Komentar Dalio muncul ketika bank sentral utama di seluruh dunia bersiap untuk memperketat kebijakan moneter untuk mengekang meningkatnya tekanan inflasi, bahkan ketika varian virus corona Omicron menimbulkan risiko bagi prospek ekonomi global.

Baca Juga: Dear Anak Muda, Miliarder Ray Dalio Ungkap Hebatnya Kekuatan Kolaborasi!

"Pola pikir perlu diubah di mana setiap orang melihat pengembalian secara nyata," kata Dalio, pendiri Bridgewater Associates keada konferensi virtual UBS Greater China minggu ini. "Dengan kata lain, inflasi disesuaikan karena Anda ingin daya beli, itulah yang Anda coba simpan."

"Jika Anda memegang aset yang memiliki pengembalian sangat sedikit secara virtual dan tidak mudah berubah, tetapi kalah karena inflasi.., Anda harus mulai melihat itu dan pada dasarnya untuk sebagian besar mengurangi atau menggunakan uang tunai itu," lanjutnya lagi sebagaimana dikutip dari Yahoo Finance di Jakarta, Selasa (11/1/22).

Sebaliknya, Dalio menyarankan agar investor tetap diversifikasi portofolio dengan sangat baik, dalam hal mata uang dan geografi.

Dalio juga mendukung kampanye China untuk mempromosikan "kemakmuran bersama" di antara rakyatnya. Dia mengatakan para pemimpin China memahami siklus di mana negara menjadi kaya terlebih dahulu dan kemudian berusaha mendistribusikan peluang dengan cara yang lebih setara.

Bridgewater adalah salah satu hedge fund asing paling aktif yang beroperasi di China, sejak terdaftar di otoritas China pada 2016. Sekarang Bridgewater memiliki lebih dari 10 miliar yuan (Rp22 triliun)) aset yang dikelola di China.

"Saya pikir banyak orang cenderung membuat kesalahan dengan berpikir bahwa ini seperti kembalinya komunisme di bawah Mao, daripada memahami itu hanya bagian dari proses evolusi," katanya. "Saya pikir Amerika Serikat melalui sistemnya sendiri membutuhkan lebih banyak kemakmuran bersama dan banyak negara melakukannya."

Tag: Ray Dalio, miliarder

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: REUTERS/Brian Snyder