Minggu, 21 Juli 2024 Portal Berita Entrepreneur

Pesan Miliarder Ray Dalio: Jangan Simpan Uang Tunai! Lebih Baik Menabung Lewat 3 Cara Ini!

Foto Berita Pesan Miliarder Ray Dalio: Jangan Simpan Uang Tunai! Lebih Baik Menabung Lewat 3 Cara Ini!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Beberapa orang mengatakan uang tunai adalah raja. Namun bagi seorang miliarder investor Ray Dalio, pendiri dana lindung nilai terbesar di dunia Bridgewater Associates, malah tidak bijaksana untuk menyimpan terlalu banyak uang dalam bentuk tunai.

“Uang tunai bukanlah investasi yang aman, bukan tempat yang aman karena akan dikenakan pajak oleh inflasi,” kata Dalio kepada CNBC bulan lalu.

Kekhawatiran Dalio muncul setelah inflasi AS mencapai level tertinggi dalam 31 tahun di bulan Oktober kemarin. Pada bulan November, inflasi terus naik sehingga indeks harga konsumen naik 6,8% pada basis tahun-ke-tahun, menandai kenaikan tercepat sejak Juni 1982.

Baca Juga: Benci Jadi Cinta: Miliarder Ray Dalio Dulu Kecam Bitcoin, Kini Justru Sebaliknya

Mengutip Yahoo Finance di Jakarta, Kamis (23/12/21) selain menabung uang tunai, bisa melakukan tiga cara ini untuk melakukan lindung nilai terhadap inflasi.

1. Menabung Emas

Emas sering dianggap sebagai aset tempat berlindung yang aman. Karena, emas tidak dapat dicetak begitu saja seperti uang kertas, dan nilainya sebagian besar tidak terpengaruh oleh peristiwa ekonomi di seluruh dunia.

Logam kuning ini telah lama membantu investor melestarikan kekayaan selama berabad-abad. Menabung emas bisa dengan membeli emas batangan di toko emas setempat.

Anda juga dapat melihat perusahaan pertambangan emas besar. Jika harga emas naik, para penambang ini akan memperoleh pendapatan dan keuntungan yang lebih tinggi, yang cenderung menghasilkan harga saham yang lebih tinggi.

2. Bitcoin

Setelah dianggap sebagai aset khusus, Bitcoin telah memasuki tahap utama dari beberapa investor. Salah satu alasan orang semakin mengadopsi cryptocurrency adalah karena mereka percaya pada potensinya sebagai lindung nilai inflasi. Bank sentral dapat mencetak uang semau mereka, tetapi jumlah bitcoin dibatasi hingga 21 juta oleh algoritme matematika.

Dalio baru-baru ini mengatakan bahwa Bitcoin adalah alternatif generasi muda untuk emas. Meski demikian, harga Bitcoin telah mundur secara substansial dalam beberapa minggu terakhir, tetapi masih naik 60% tahun ini.

Jika Anda ingin membeli Bitcoin secara langsung, ketahuilah bahwa banyak bursa membebankan biaya komisi hingga 4% hanya untuk membeli dan menjual kripto. Beberapa aplikasi investasi mengenakan biaya 0%.

3. Seni Rupa

Saham tidak stabil, kripto membuat ayunan besar di kedua sisi, dan bahkan emas tidak kebal terhadap naik turunnya pasar. Jika Anda khawatir dengan hal-hal tersebut, menabunglah lewat seni rupa.

Karya seni kontemporer telah mengungguli S&P 500 dengan 174% selama 25 tahun terakhir, menurut grafik Pasar Seni Global Citi.

Dan itu menjadi cara yang populer untuk melakukan diversifikasi karena ini adalah aset fisik nyata dengan sedikit korelasi dengan pasar saham.

Meski demikian, berinvestasi dalam karya seni hanya menjadi pilihan bagi orang kaya, seperti Dalio. Namun, dengan platform investasi baru, Anda dapat berinvestasi dalam karya seni ikonik seperti yang dilakukan Jeff Bezos dan Bill Gates.

Tag: Ray Dalio, miliarder

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: REUTERS/Brian Snyder