Sabtu, 27 November 2021 Portal Berita Entrepreneur

Hilang Setahun Penuh, Jack Ma Akhirnya Ketangkap Media Lagi Studi Tour ke Spanyol

Foto Berita Hilang Setahun Penuh, Jack Ma Akhirnya Ketangkap Media Lagi Studi Tour ke Spanyol
WE Entrepreneur, Jakarta -

Pendiri Alibaba Group, Jack Ma tertangkap media sedang berada di pulau Mallorca Spanyol. Kapal pesiar mewahnya kedapatan berlabuh di pulau tersebut dan terlihat oleh dua surat kabar Spanyol. Ini adalah perjalanan pertamanya ke luar negeri sejak ia berselisih dengan regulator China pada tahun 2020.

Jack Ma lama tak terlihat dari pandangan publik sejak ia secara terbuka mengkritik sistem regulasi China dalam pidatonya tahun lalu. Kerajaan bisnisnya juga turut berada di bawah pengawasan ketat oleh regulator, yang bahkan menyebabkan penangguhan IPO Ant Group senilai USD37 miliar (Rp522 triliun).

Baca Juga: Satu Tahun Sudah Menghilang, Akhirnya Lokasi Jack Ma Diketahui, Dia Berada di....

Melansir New York Post di Jakarta, Kamis (21/10/21) surat kabar Diario de Mallorca mengatakan Ma terlihat pada hari Selasa di pelabuhan Andratx membeli dekorasi rumah di toko lokal.

Superyacht Zen tersebut telah bergerak di sepanjang pantai barat laut Mallorca selama beberapa hari terakhir dan berada di Andratx pada hari Selasa.

Kapal itu berlabuh pada hari Rabu di dekat kota pantai Santa Ponsa, tetapi seorang juru kamera Reuters hanya dapat melihat perahu-perahu pendukung yang lebih kecil kembali ke superyacht dari pantai dalam keadaan kosong, sedangkan Ma tidak terlihat.

Surat kabar El Pais mengatakan Ma telah mengunjungi Kepulauan Balearic Spanyol sejak Sabtu, ditemani oleh berbagai pebisnis China dan detail keamanannya.

Kapal pesiar motor lima dek yang ramping dan membungkuk vertikal milik Ma berukuran 88 meter (289 kaki), dapat menampung hingga 16 tamu dan 25 awak, menurut edisi Superyacht Times. Kapal tersebut dibangun di Belanda dan dikirim pada bulan April.

Ma telah pensiun sebagai ketua Alibaba pada 2019. South China Morning Post Hong Kong yang dimiliki oleh Alibaba melaporkan bahwa Ma berada di Spanyol untuk tur studi tentang pertanian dan teknologi yang terkait dengan masalah lingkungan setelah menghabiskan "waktu pribadi" dengan keluarganya di Hong Kong.

Saham Alibaba Group di Hong Kong naik hampir 10% sebelumnya pada hari Rabu. Investor melihat perjalanan Ma sebagai tanda pemerintah pusat melonggarkan pengawasan terhadap bisnisnya.

Sebuah sumber industri perbankan Spanyol mengatakan kepada Reuters bahwa Ma telah mengunjungi Mallorca pada tahun 2019. Miliarder itu juga diklaim sering menghabiskan waktu di Kepulauan Balearic.

Tag: Jack Ma, Alibaba Group Holding Limited

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: TechCrunch