Minggu, 21 Juli 2024 Portal Berita Entrepreneur

Terbongkar Satu Rahasia Miliarder Sukses, Mereka Pasti Lakukan Hal Ini!

Foto Berita Terbongkar Satu Rahasia Miliarder Sukses, Mereka Pasti Lakukan Hal Ini!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Selama beberapa dekade, investor miliarder Ray Dalio telah bergaul dengan banyak orang sukses di dunia. Sepanjang perjalan itu, dia belajar satu atau dua hal yang biasa mereka lakukan.

“Pada umumnya, orang-orang paling sukses benar-benar jauh lebih baik dalam mengetahui kelemahan mereka," katanya kepada CNBC Make It sebagaimana dikutip di Jakarta, Kamis (5/8/21).

Faktanya, Dalio, yang saat ini memiliki kekayaan bersih USD20,3 miliar (Rp291 triliun) percaya bahwa jalan tercepat menuju kesuksesan dimulai dengan mengetahui kelemahan Anda.

Baca Juga: Rihanna Resmi Jadi Miliarder Dunia, Ternyata Ini Sumber Pundi-Pundi Cuannya!

"Karena jika Anda tidak mengetahui kelemahan Anda, Anda tidak dapat mengatasinya," ujarnya.

Dalio mengatakan saran dari orang-orang sekitar, seperti bos dan kolega adalah langkah pertama yang baik. Anda juga dapat melihat pola dalam kesalahan yang Anda buat.

Sementara kebanyakan orang memiliki beberapa kelemahan, penting untuk mengetahui “satu kelemahan terbesar” Anda, yaitu kelemahan yang merupakan hambatan terbesar untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan.

“Untuk hampir semua orang, ada satu hambatan besar yang terus muncul,” katanya.

Bahkan Dalio memiliki kelemahan seperti itu. Dia mengatakan bahwa dia berjuang dengan memberikan saran dan masukan dengan baik. Dalio mengatakan dia juga sering dituduh "bertele-tele atau tidak jelas."

Dalio menuliskan kelemahannya dan mempostingnya di mana dia dapat melihatnya setiap hari sehingga dia diingatkan untuk memperbaiki.

Setelah Anda mengetahui kelemahan besar Anda, bicarakan dengan orang lain tentang hal itu untuk mengumpulkan lebih banyak informasi dan menemukan cara untuk mengubahnya menjadi kekuatan.

Cara yang mudah adalah menemukan orang yang lebih ahli di bidang itu, baik itu kolega, pelatih, atau teman.

“Anda tidak harus tahu segalanya,” kata Dalio. "Anda hanya perlu bekerja dengan orang-orang yang kuat di mana Anda lemah."

Sejak pria 72 tahun ini mengundurkan diri sebagai co-CEO Bridgewater Associates pada tahun 2017, dia mengatakan bahwa dia telah berfokus untuk membantu orang lain sukses melalui Principles, perusahaan perangkat lunak manajemen sumber daya manusia yang didirikannya.

Bulan lalu, Principles mengumumkan peluncuran aplikasi Dot Collector Zoom, alat yang memungkinkan real time feed back selama rapat video. Dalio mengatakan aplikasi dapat membantu orang mendapatkan masukan dan saran harian saat bekerja dari rumah.

Tag: Ray Dalio, miliarder

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: CNBC.com