Senin, 14 Juni 2021 Portal Berita Entrepreneur

Finally! Miliarder Jepang Yusaku Maezawa Bakal Wisata ke Luar Angkasa Akhir Tahun Ini!

Foto Berita Finally! Miliarder Jepang Yusaku Maezawa Bakal Wisata ke Luar Angkasa Akhir Tahun Ini!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Miliarder Jepang Yusaku Maezawa akhirnya mendapatkan 'tiket' perjalanan untuk pergi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Mezawa akan pergi akhir tahun ini, yakni pada 8 Desember 2021. Bukan dengan Blue Origin atau Virgin Galartic, bukan pula dengan SpaceX.

Maezawa akan meluncur menggunakan Soyuz MS-20 dari kosmodrom Baikonur di Kazakhstan. Tak sendiri, Maezawa akan bersama asistennya Yozo Hirano dengan didampingi dan dipimpin oleh Kosmonot Alexander Musurkin.

"Saya sangat penasaran, seperti apa kehidupan di luar angkasa. Jadi, saya berencana untuk mencari tahu sendiri dan berbagi dengan dunia di saluran YouTube saya," ujar Maezawa dalam pernyataan badan antariksa Rusia, Roscosmos sebagaimana dikutip dari Japan Times di Jakarta, Senin (17/5/21).

Baca Juga: Peduli Kesehatan Mental, Miliarder Ini Sumbang Rp851 Miliar untuk Bangun Gedung Psikiatri

Berbagai tahap sebelum peluncuran pun akan segera dijalani Maezawa. Pertama, ia akan mulai pelatihan pra-penerbangan pada bulan Juni di Pusat Pelatihan Kosmonot Yuri Gagarin, Star City, sebuah kota tertutup di luar Moskow.

Maezawa direncakan bakal menghabiskan 12 hari di luar angkasa. Hirano yang juga merupakan produser film akan mendokumentasikan semua proses tersebut hingga ditayangkan ke publik.

Jika terealisasi, maka ini akan menjadi pertama kalinya dua dari tiga tempat roket luar angkasa Soyuz ditempati oleh wisatawan. Soyuz terakhir kali mengangkut wisatawan pada 2009 lalu dengan membawa Guy Laliberte dari Kanada, salah satu pendiri Cirque du Soleil.

Roscosmos kembali melakukan penerbangan wisata luar angkasa usai kehilangan kru astronaut NASA ke ISS. Tetapi, kini NASA telah mantap untuk menggunakan roket SpaceX menuju ISS.

Tag: miliarder, Yusaku Maezawa

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: BBC