Senin, 14 Juni 2021 Portal Berita Entrepreneur

Kisah Orang Terkaya: Viktor Rashnikov, Miliarder Industri Baja yang Dulunya Karyawan Biasa

Foto Berita Kisah Orang Terkaya: Viktor Rashnikov, Miliarder Industri Baja yang Dulunya Karyawan Biasa
WE Entrepreneur, Jakarta -

Salah satu orang terkaya Rusia, Viktor Rashnikov adalah pengusaha di bidang industri besi dan baja yang memiliki kekayaan bersih USD12,7 miliar (Rp183 triliun), menurut Forbes. Pemilik nama lengkap Viktor Filippovich Rashnikov lahir pada 13 Oktober 1948 di Magnitogrsk, Rusia. Viktor memperoleh kekayaannya di industri besi dan baja berkat Perusahaan Metalurgi Magnitogorsk (MMK).

Rashnikov mulai bekerja di MMK sebagai insinyur mesin pada tahun 1967, satu tahun sebelum ia lulus kuliah dari Institut Pertambangan dan Metalurgi Magnitogorsk. Selama bertahun-tahun, Rashnikov berganti banyak posisi di perusahaan, hingga ia diangkat menjadi Kepala Insinyur dan Wakil Jendral Pertama Direktur tahun 1991.

Pada tahun 1992, ketika MMK berubah menjadi perusahaan saham gabungan, dia secara agresif membeli saham dan membangun kepemilikannya di perusahaan tersebut hingga 100%.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Jorge Moll Filho, Ahli Jantung yang Jadi Miliarder Dunia

Setelah rezim Komunis jatuh di Rusia, Viktor Rashnikov mendirikan AOZT yang merupakan sebuah perusahaan investasi dan Inreko, sebuah perusahaan pemasok dan pemasaran. Pada tahun 1992, MMK berubah menjadi perusahaan publik dan Rashnikov mulai membeli banyak saham.

Sejak 1997 hingga 2011, Rashnikov menjabat sebagai Direktur Umum atau Chief Executive OAO MMK. Dia telah menjadi ketua Dewan selama sembilan tahun terakhir. Dia telah memulai inovasi teknis MMK dan produksi baja yang efisien. Dalam sepuluh tahun terakhir, MMK membangun pabrik khusus untuk memproduksi produk untuk sektor minyak, gas, kapal, jembatan, dan bangunan mesin dengan memproduksi pelat baja dengan lebar hingga 4.850 milimeter.

Pada tahun 2007, Rashnikov menghasilkan USD1 miliar (Rp14,4 triliulln) ketika MMK menawarkan saham di Bursa Efek London. MMK adalah produsen baja terbesar ketiga di Rusia di belakang Evraz yang dipimpin oleh Alexander Abramov dan Alexander Frolov, Severstal milik Alexey Mordashov dan Novolipetsk yang dipimpin oleh Vladimir Lisin dan Alexey Lapshin .

Rashnikov mengundurkan diri sebagai CEO MMK pada tahun 2011 setelah 14 tahun bekerja. Putri bungsunya, Olga, bergabung dengan dewan dan komite perencanaan strategis pada tahun 2012. Selain MMK, ia menjabat sebagai Ketua Persatuan Industrialis dan Pengusaha wilayah Chelyabinsk, dan berinvestasi di real estate.

Tag: Viktor Rashnikov, Kisah Orang Terkaya, Rusia

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Richest Russia/Viktor Rashnikov