Selasa, 11 Mei 2021 Portal Berita Entrepreneur

Nah Lho! Tim Cook Bantah Elon Musk yang Bilang Pernah Nyoba Jual Tesla ke Apple

Foto Berita Nah Lho! Tim Cook Bantah Elon Musk yang Bilang Pernah Nyoba Jual Tesla ke Apple
WE Entrepreneur, Jakarta -

CEO Apple Tim Cook mengisyaratkan bahwa perusahaannya tengah berupaya untuk fokus pada kendaraan otonom. Sebelumnya pun telah beredar kabar bahwa Apple tengah mengembangkan mobilnya sendiri.

"Mobil otonom adalah robot. Jadi ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan otonomi. Dan kita akan melihat apa yang dilakukan Apple," ujar Cook dalam wawancara yang dikutip dari CNBC International di Jakarta, Selasa (6/4/21).

Ketika ditanya apakah Apple sedang mengerjakan mobil itu sendiri atau teknologi di dalam mobil, Cook menolak berkomentar.

Baca Juga: Tesla Pecah Rekor Lagi! Kekayaan Elon Musk Langsung Meroket ke Rp2.454 Triliun!

“Kami senang mengintegrasikan perangkat keras, perangkat lunak, layanan, dan menemukan titik persimpangannya karena kami pikir di situlah keajaiban terjadi. Dan itulah yang kami senang lakukan. Dan kami senang memiliki teknologi utama yang ada di sekitarnya," katanya.

Apple telah lama diharapkan untuk memasuki bisnis otomotif dengan kendaraannya sendiri atau menjual teknologinya kepada pembuat mobil lain. Sejauh ini, Apple telah membuat sejumlah langkah yang mengindikasikan rencana untuk melakukannya.

Kendaraan otonom dapat memposisikan Apple untuk melawan Tesla, yang meluncurkan fitur self-driving-nya sendiri. Pada tahun 2018, Apple mempekerjakan kembali Doug Field, yang saat itu menjabat sebagai wakil presiden senior bidang teknik Tesla, untuk kemungkinan bekerja pada mobil otonom.

Apple juga telah membawa beberapa mantan karyawan Tesla lainnya, termasuk mantan wakil presiden teknik Tesla Michael Schwekutsch, sekarang direktur teknik senior untuk Grup Proyek Khusus di Apple.

CEO Tesla Elon Musk bahkan mengatakan tahun lalu bahwa dia pernah mencoba memulai pembicaraan untuk menjual perusahaan ke Apple, tetapi Cook menolak untuk melakukan pertemuan. Hal itu pun dibantah oleh Cook sendiri.

"Anda tahu, saya belum pernah berbicara dengan Elon, meskipun saya sangat mengagumi dan menghormati perusahaan yang dia dirikan. Saya pikir Tesla telah melakukan pekerjaan yang luar biasa tidak hanya untuk memimpin, tetapi juga mempertahankan kepemimpinan untuk jangka waktu yang lama di ruang EV. Jadi saya sangat menghargai mereka," kata Cook.

Baru-baru ini, CNBC melaporkan bahwa Apple hampir menyelesaikan kesepakatan dengan Hyundai-Kia untuk memproduksi kendaraan listrik otonom bermerek Apple di pabrik perakitan Kia di West Point, Georgia. Sayangnya, pembuat mobil tersebut kemudian malah menarik kembali klaim tersebut.

Tag: Apple Inc, Tim Cook, Tesla Motors Inc, Elon Musk

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Reuters/Yuya Shino