Selasa, 18 Mei 2021 Portal Berita Entrepreneur

Investasinya Sukses Besar, Miliarder Investor Ini Sumbang Saham Senilai Rp18 Triliun!

Foto Berita Investasinya Sukses Besar, Miliarder Investor Ini Sumbang Saham Senilai Rp18 Triliun!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Miliarder investor Bill Ackman belum lama ini mengumumkan bahwa ia telah menyumbangkan USD1,3 miliar (Rp18 triliun) saham Coupang, raksasa e-commerce Korea Selatan, kepada badan amal.

Dalam sebuah tweet, Ackman berkata, "Saya adalah seorang investor yang sangat beruntung di @Coupang. Sebagai hasil dari kesuksesannya yang luar biasa, 26,5 juta lembar sahamnya akan bermanfaat bagi umat manusia."

Dilansir dari Forbes di Jakarta, Kamis (18/3/21) dia melanjutkan bahwa dia menyumbangkan saham senilai hampir USD1,34 miliar ini ke Pershing Square Foundation miliknya, dan lembaga nirlaba lainnya yang tidak disebutkan namanya.

Baca Juga: Terseok-seok Bayar Utang, Mantan Orang Terkaya Asia Ini Terdepak dari Daftar Miliarder

Pershing Square Foundation telah berkomitmen lebih dari USD400 juta untuk berbagai hal mulai dari pengobatan hingga keadilan sosial. Forbes memberi Ackman skor filantropi 4 pada daftar The Forbes 400 orang terkaya Amerika tahun lalu, yang menunjukkan bahwa Ackman telah memberikan antara 10% dan 19,9% dari kekayaannya, diukur dengan hibah yang dibayarkan oleh yayasannya, daripada sumbangan ke yayasannya.

Ackman adalah pendiri Pershing Square Capital Management. Ia telah berinvestasi secara pribadi di perusahaan Seoul, Coupang yang berhasil mengumpulkan USD4,55 miliar dalam IPO-nya minggu lalu. Hasil tersebut pun menjadikannya penawaran terbesar di AS tahun ini, dan terbesar oleh perusahaan Asia sejak IPO Alibaba pada 2014 lalu.

Forbes memperkirakan kekayaan bersih Ackman saat ini mencapai USD3 miliar (Rp43 triliun). Sementara itu, Bom Kim, pendiri dan CEO Coupang, memiliki kekayaan USD8,8 miliar (Rp126 triliun), menurut perkiraan Forbes.

Tag: Coupang, Bill Ackman, Bom Kim

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: PAUL BRUINOOGE/PATRICK MCMULLAN VIA GETTY IMAGES