Minggu, 28 Februari 2021 Portal Berita Entrepreneur

Gagal Jadi Pemain Catur, Pria Ini Malah Jadi Miliarder Termuda di India!

Foto Berita Gagal Jadi Pemain Catur, Pria Ini Malah Jadi Miliarder Termuda di India!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Pemuda asal India telah menjadi miliarder termuda di negara tersebut, ialah Nikhil Kamath. Pria yang hobi mancatur itu bahkan sampai rela putus sekolah di usia 14 tahun. Tetapi kini, Kamath dikenal sebagai miliarder termuda di India.

Saat itu, ia memutuskan putus sekolah agar bisa fokus pada bidang catur. Tetapi, ia justru sukses bukan dari bidang catur, melainkan saham.

Dilansir dari CNBC Make It di Jakarta, Selasa (26/1/21) Kamath yang hari ini berusia 34 tahun adalah salah satu pendiri dan kepala investasi Zerodha.

Baca Juga: Ini Alasan Miliarder Mark Cuban Punya Cita-cita Pensiun di Usia 35 Tahun!

Perusahaan tersebut merupakan pialang perdagangan yang berfokus pada perusahaan jasa keuangan yang menawarkan perdagangan reksadana, obligasi, mata uang, dan lain sebagainya.

Zerodha pun menjadi perusahaan investasi terbesar di India. Saat ini, lebih dari 15% perdagangan ritel India dilakukan melalui platform tersebut. Saat Kamath terjun ke bisnis tersebut justru karena ia gagal memenangkan kompetisi catur tingkat internasional.

Setelah 'kegagalan' yang membawanya menjadi miliarder hari ini, ia sadar bahwa ia tak bisa melanjutkan catur sebagai karier profesionalnya. Ia pun langsung memutar otak bahwa pemuda putus sekolah akan sulit mendapatkan pekerjaan.

Tetapi, Kamath pun melihat kakak laki-lakinya, Nithin yang terjun pada perdagangan saham dan belajar sendiri saat berpergian.

Hal itu ternyata berjalan dengan baik. Dengan sigap, Kamath dan Nithin langsung berinvestasi untuk keluarga dan teman. Namun mereka sadar sistem itu terlalu rumit.

"Masalahnya dulu, yang saya bicarakan 11 atau 12 tahun yang lalu, adalah biayanya sangat tinggi. Biaya perantara sangat tinggi di India," tuturnya.

Tak hanya biaya yang tinggi, Kamath juga mengatakan bahwa ada banyak rintangan yang harus dilewati saat belum benar-benar bisa mendapatkan untung dengan cara yang konsisten.

Karena itulah, kedua saudara ini mulai bekerja dan menggunakan tabungan untuk membangun platform broker yang sederhana dan terjangkau.

Pada tahun 2010, Zerodha yang merupakan kombinasi dari bahasa Sansekerta 'zero' dan rodha' pun dilahirkan. Sejak kemunculannya hingga saat ini, Zerodha belum pernah menarik investor dari luar.

"Kami berbeda dalam hal cara dari perusahaan lain seperti, kami tidak pernah menarik investor atau hutang atau tidak pernah benar-benar mengumpulkan modal. Etos kami sejak awal adalah membangun produk yang lebih baik dan dari mulut ke mulut akan membawa pelanggan kepada Anda," ujarnya.

Satu dekade sejak itu, Zerodha semakin berkembang meski dari mulut ke mulut karena minat untuk berinvestasi di luar emas dan properti mulai tumbuh di India. Hingga pada tahun 2020 tepatnya selama lockdown akibat pandemi, jumlah pengguna platform Zerodha naik dua kali lipat dari sebelumnya menjadi lebih dari 4 juta pengguna.

Pada Oktober 2020, Kamath bersaudara masuk dalam daftar Forbes India Rich List. Kekayaan Kamath bersaudara tercatat mencapai USD1,55 miliar (Rp21,8 triliun). Karena usianya masih 34 tahun, Kamath kemudian dinobatkan sebagai miliarder baru termuda di India.

Tag: Nikhil Kamath, miliarder, India

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Twitter/Forbes