Rabu, 21 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

Awas! Orang yang Punya Mental 'Meminta' Tidak Akan Sukses Selamanya!

Foto Berita Awas! Orang yang Punya Mental 'Meminta' Tidak Akan Sukses Selamanya!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Menjadi orang sukses adalah impian semua orang. Tetapi, orang-orang seperti ini sudah dapat dipastikan tidak akan sukses. Orang-orang seperti apa?

Dalam kanal YouTube SuccessBefore30 di video yang bertajuk 'Orang-Orang Yang 100% Tidak Mungkin Sukses', Chandra Putra Negara menjelaskan bahwa orang sukses itu memiliki mental pemberi sedekah sedangkan orang yang gagal, memiliki mental 'meminta' atau minta disedekahi.

Baca Juga: Simak Nih Biar Ketularan! 5 Cara Berpikir Orang Sukses Ala Deddy Corbuzier!

Jika Anda berpikir bersedekah setelah banyak harta, harus dipahami bahwa jika sudah memiliki mental atau kebiasaan memberi, di saat Anda sedang susah ataupun tidak, Anda pasti akan bersedekah.

Tetapi, jika dasarnya Anda memiliki mental meminta, baik sedang susah atau tidak, Anda pasti meminta. Jika hari ini Anda memiliki kelebihan, kalau Anda memiliki mental peminta, maka Anda akan kekurangan lagi, kondisi finansial Anda akan memburuk lagi.

Jutaan rakyat Indonesia memiliki utang yang menumpuk, namun jika ingin mengajukan pinjaman, sebaiknya berikan sebuah jaminan. Sebagai contoh, Anda memiliki sebuah usaha, butuh modal dan dana tambahan, itulah baru etika meminjam uang yang benar. Tetapi jika meminjam di saat utang yang lain belum terselesaikan, maka ini salah. Karena itulah, perbaiki mindset Anda, jangan jadi orang peminta.

Jadilah orang yang memiliki solusi dari segala masalah finansial Anda. Sebagai contoh, jika Anda seorang karyawan, tawarkan proposal untuk memajukan perusahaan. Tanpa disuruh pun, bos Anda bisa menaikkan gaji 2-3 kali lipat. Dan jika omzet perusahaan bisa naik hingga 10x lipat, jangan jadi karyawan lagi. Sudah saatnya Anda membangun perusahaan sendiri.

Selanjutnya, jika sudah memiliki perusahaan, sifat 'peminta' harus dihilangkan. Salah satunya, meminta proyek kepada pejabat pemerintah. Seharusnya justru, Anda membantu pemerintah untuk menyelesaikan banyak job dan urusan demi rakyat.

Jika Anda seorang pengusaha yang hebat, Anda seharusnya memberikan solusi kepada pemerintah agar bisa bekerja secara cepat, efektif dan efisien agar bisa menjadi negara maju. Karena nantinya, bukan Anda yang meminta proyek, tetapi pemerintah yang mencari Anda asalkan tunjukkan kemampuan dan kompetisi Anda.

Mengubah nasib jangan punya mental peminta, milikilah mental pemberi dan cari solusi. Orang sukses cari jalan, orang gagal cari alasan. 

Karena itulah jika hidup sedang berada di bawah atau kesulitan, carilah solusi agar keadaan bisa lebih baik lagi. Jangan menjadi orang peminta karena Anda tidak akan sukses nantinya.

Mulailah mengubah mental Anda menjadi mental pemberi dan pencari solusi, bukan mental peminta. Nah, apabila Anda sudah memiliki mentak pemberi tetapi masih terjebak, ubah lingkungan Anda cari mentor yang lebih positif. Niscaya hidup Anda akan berubah.

Tag: Chandra Putra Negara, Tips Bisnis

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Unsplash/Ali Yahya