Senin, 08 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Berbisnis dari Usia 15 Tahun, Harta Pria Ini Sekarang Rp121 Triliun!

Foto Berita Berbisnis dari Usia 15 Tahun, Harta Pria Ini Sekarang Rp121 Triliun!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Pendiri Salesforce, Marc Benioff hari ini menjadi miliarder lewat perusahaannya yang menjadi pelopor dalam menghosting perangkat lunaknya secara online, daripada menginstalnya di sistem komputer klien. Kesuksesan Benioff dimulai pada usia yang masih sangat belia yakni 15 tahun.

Di usia yang kebanyakan remaja masih ingin bermain, ia sudah mendirikan perusahaan pertamanya Liberty Software. Di usia itu, ia menjual perangkat lunak pertamanya How to Juggle seharga USD75.

Dilansir dari Entrepreneur di Jakarta, Kamis (14/1/21) Benioff kemudian menjual beberapa game 8-bit untuk sistem termasuk Atari 800, termasuk Crypt of the Undead, King Arthur’s Heir, The Nightmare, dan Escape From Vulcan's Isle.

Baca Juga: Miliarder Ini Menyesal Dukung Trump dan Merasa Dikhianati, Selanjutnya Bakal Lakukan...

Saat baru bergabung dengan Oracle bersama Larry Ellison, Benioff menjadi salah satu eksekutif muda di perusahaannya di usia 25 tahun. Ia pun menghabiskan 13 tahun bekerja di raksasa perangkat lunak tersebut. Gajinya membuatnya melebihi angka jutawan.

Setelah sekitar satu dekade di Oracle, Benioff merasa ada sesuatu yang hilang dalam pandangannya tentang kesuksesan dan berbicara dengan Ellison untuk mengambil cuti panjang. Dia menghabiskan beberapa bulan di Hawaii mempelajari meditasi, dan memiliki ide dasar untuk Salesforce saat berenang bersama lumba-lumba di Samudra Pasifik dan saat itu, Amazon dan eBay sudah terkenal.

Pria kelahiran 25 September 1964 ini pun akhirnya bertanya pada dirinya sendiri:

"Mengapa kami masih memuat dan meningkatkan perangkat lunak seperti yang selama ini kami lakukan ketika sekarang kami dapat melakukannya melalui internet?"

Salesforce pun berdiri pada tahun 1999 saat Amazon dan eBay sudah mulai duluan. Dengan Salesforce, Benioff meluncurkan bentuk baru komputasi awan: software as a service (SaaS).

Melalui SaaS, individu dan perusahaan dapat menyewa perangkat lunak melalui internet alih-alih menginstalnya di komputer fisik. Pada tahun 2018, Salesforce diperkirakan telah bernilai USD116 miliar atau setara dengan Rp1.633 triliun!

Berkat itu, Marc Benioff menjadi orang terkaya ke-69 versi Forbes dan memiliki harta USD8,6 miliar atau sekitar Rp121 triliun. (kurs Rp14.082)

Tag: Marc Benioff, miliarder, Salesforce

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: INC