Senin, 30 November 2020 Portal Berita Entrepreneur

Daftar 6 Perushaan Erick Thohir, Pengusaha Media yang Jadi Menteri BUMN

Foto Berita Daftar 6 Perushaan Erick Thohir, Pengusaha Media yang Jadi Menteri BUMN
WE Entrepreneur, Jakarta -

Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia, Erick Thohir, sebelum menjadi menteri merupakan seorang pengusaha. Erick adalah pendiri Mahaka Group yang merupakan perusahaan induk dari perusahaan yang memiliki fokus pada bisnis media dan entertainment.

Beberapa perusahaannya yang terkenal adalah media Republika hingga radio Gen FM. Berikut daftar lengkap perusahaan-perusahaan yang dimiliki Erich Thohir di bawah Mahaka Group!

Baca Juga: Kisah Aburizal Bakrie, Mantan Orang Terkaya RI yang Tertendang Lama dari Daftar Forbes

1. PT Avabanindo Perkasa (Mahaka Advertising)

Mahaka Advertising merupakan perusahaan yang dimiliki Erick Thohir dan fokus pada layanan jasa periklanan seperti billboard, jembatan penyeberangan orang (JPO), bando jalan, dan neon box. Selain itu, Mahaka Advertising juga biasa menerima jasa iklan menggunakan baliho dan umbul-umbul.

Perusahaan yang berdiri tahun 1994 juga telah bekerja sama sebagai mitra periklanan di stasiun-stasiun MRT Jakarta. Dengan kerja sama tersebut, PT Avabanindo Perkasa bakal menjadi pengelola iklan selama 20 tahun.

2. PT Republika Media Mandiri (Harian Republika dan Republika Online)

Republika merupakan perusahaan media jurnalistik yang berdiri sejak tahun 1992. Media-media yang berada di bawah PT Republika Media Mandiri yaitu Harian Republika dan Republika Online.

Saat ini Republika merupakan media multiplatform dalam bentuk koran, portal berita, newsroom, koran elektronik, majalah digital, media sosial, dan aplikasi digital.

3. PT Danapati Abinaya Ivestama (Jak TV)

Selain media jurnalistik, Erick Thohir juga memiliki Jak TV melalui perusahaannya PT Danapati Abinaya Investama. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2005 ini awalnya dimiliki Jawa Pos Group.

Namun, pada 2010, Jak TV diakuisisi perusahaan Erick Thohir dengan nilai akuisisi mencapai Rp55,5 miliar atau 50 persen saham.

4. PT Kalyanamitra Adhara Mahardhika (Alive! Indonesia)

PT Kalyanamitra Adhara Mahardhika merupakan perusahaan Erick Thohir yang menyediakan layanan brand activation, creative agency, hingga event organizer. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2007.

Berbagai event besar telah ditangani Alive! Indonesia. Mulai dari New Honda Vario Launching Exhibition, BRI Exhibition, XL Exhibition, hingga Launching Honda New CBR. Mahaka Media, Tbk. mengakuisisi 80 persen saham Alive! Indonesia senilai Rp 3,7 miliar.

5. PT Media Golfindo (Golf Digest Indonesia)

Erick Thohir juga memiliki perusahaan penerbitan yaitu PT Media Golfindo. Perusahaan ini diketahui menjadi penerbit dari majalah Golf Digest Indonesia.

Golf Digest Indonesia menjadi media yang menyajikan informasi-informasi seputar golf sekaligus mengedukasi para pegolf Indonesia. Selain sebagai media, PT Media Golfindo juga menjadi penyelenggara event organizer golf.

6. PT Mahaka Radio Integra, Tbk

Melalui PT Mahaka Radio Integra, Erick Thohir juga memiliki beberapa perusahaan radio yaitu PT Radio Attahiriyah (Gen 98.7 FM Jakarta), PT Radio Camar (Gen 103.1 FM Surabaya), dan PT Suara Irama Indah (Jak 101 FM).

Selain daftar itu, pada tahun 2008, Erick Thohir bersama Anindya Bakrie mendirikan tvOne dan situs berita Vivanews. Pada tahun 2014-2019, Erick Thohir menjabat sebagai Direktur Utama ANTV.

Tag: Erick Thohir, Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Antara/Puspa Perwitasari