Senin, 26 Oktober 2020 Portal Berita Entrepreneur

Kisah Orang Terkaya: William Lei Ding, Bos Raksasa Game Dunia

Foto Berita Kisah Orang Terkaya: William Lei Ding, Bos Raksasa Game Dunia
WE Entrepreneur, Jakarta -

Pendiri dan CEO NetEase, William Lei Ding atau Ding Lei adalah orang terkaya ke-51 dunia versi Forbes. Total kekayaannya mencapai USD29,7 miliar (Rp440 triliun). Perusahaannya NetEase adalah sebuah portal game.

Ding Lei lahir di Fenghua, Ningbo, Provinsi Zhejiang pada 1 Oktober 1971. Ia telah banyak memberikan kontribusi penting di China untuk pengembangan jaringan komputer. Ding Lei menyelesaikan wisuda dan memperoleh gelar sarjana dari University of Electronic Science and Technology of China.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Gerard Wertheimer, Sosok di Balik Kesuksesan Jam Tangan Chanel

Setelah lulus, dia pertama kali bekerja di departemen negara bagian setempat di Ningbo sebagai insinyur. Setelah itu, dia pindah ke Guangzhou di provinsi selatan Guangdong dan bertugas di perusahaan perangkat lunak analitik yang berbasis di AS, Sybase.

Pada bulan Juni 1997, Ding mendirikan NetEase di Guangzhou dengan hanya tiga karyawan. Perusahaan perangkat lunak ini membuat tanda dengan menghosting 163 domain email yang populer di kalangan netizen China, dan dinamai berdasarkan nomor terakhir yang perlu dihubungi untuk menghubungkan modem mereka ke internet selama era ISDN di tahun 1990-an.

Namun, ada skandal keuangan sebelum perusahaan perangkat lunak benar-benar menemukan pijakannya.

Perusahaan tercatat mengumpulkan USD70 juta di bursa Nasdaq pada tahun 1999. Kontroversi pun menyusul pada tahun 2001 ketika NetEase diketahui terlibat dalam beberapa akuntansi kreatif.

Hal itu pun mengakibatkan saham mereka ditangguhkan selama empat bulan. Perusahaan menghadapi kesulitan meyakinkan investor baru untuk bergabung setelahnya.

Selama periode inilah Ding muncul dengan ide untuk bermain game. Meskipun dia dihadapkan dengan papan yang tidak antusias, namun ia meraih tambang emas. Hanya dua tahun kemudian, bisnis game telah menjadikan Ding orang terkaya di China tepatnya pada tahun 2003.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Len Blavatnik, Konglomerat Pemilik Warner Music Group

Seri Fantasy Westward Journey NetEase, sebuah game yang terinspirasi oleh novel abad ke-16, Journey to the West langsung populer hingga memiliki 310 juta pengguna pada tahun 2015. Tahun itu juga merupakan tahun peluncuran versi seluler dari game tersebut.

Pada tahun 2016, versi aplikasi seluler dari Fantasy Westward Journey telah menghasilkan USD800 juta (Rp11,8 triliun) di China saja. Cukup sukses lantaran tersaingi oleh demam Pokémon Go.

NetEase juga menandatangani kesepakatan kolaborasi dengan Marvel Comics pada 2017. NetEase sekarang telah menerbitkan berbagai judul Marvel termasuk Captain America dan Iron Man di China.

Kemitraan ini juga mengarah pada pengungkapan pahlawan super China pertama di alam semesta Marvel, Swordmaster dan Aero, melalui dua set komik baru yang diterbitkan oleh NetEase Comics.

Tetapi NetEase telah keluar dari pasar itu dengan menjual bisnis komik ke perusahaan China lainnya, situs streaming anime Bilibili. Namun, ia tetap memiliki hak cipta untuk seri Marvel-nya.

NetEase hari ini bukan hanya tentang bermain game. Mereka juga menjadi tuan rumah sistem email, salah satu platform surat dua bahasa pertama di dunia. Ding Lei kemudian membuat NetEase menjadi alat mesin pencari yang besar hingga menjadi salah satu portal web terbesar di China.

Selain di jagat internet, Ding Lei juga memiliki minat dalam pertanian organik dan ingin memastikan bahwa petani China yang meninggalkan pertanian karena bangkrut agar bisa kembali dan menghasilkan makanan berkualitas. Tak hanya itu, Ding Lei juga memiliki minat sebagai peternak babi.

Tag: Kisah Orang Terkaya, William Lei Ding (Ding Lei)

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: REUTERS