Minggu, 21 Juli 2024 Portal Berita Entrepreneur

Kisah Orang Terkaya: Ray Dalio, Miliarder Firma Investasi Raksasa di AS

Foto Berita Kisah Orang Terkaya: Ray Dalio, Miliarder Firma Investasi Raksasa di AS
WE Entrepreneur, Jakarta -

Miliarder sekaligus investor Amerika Serikat (AS), Ray Dalio, merupakan salah satu orang terkaya di dunia. Berdasarkan catatan Forbes, ia memiliki harta sebesar USD16,9 miliar (Rp252 triliun). Dalio adalah pendiri, wakil ketua, dan wakil kepala firma investasi Bridgewater Associates, salah satu hedge fund terbesar di dunia.

Kehidupan Awal

Pemilik nama lengkap Raymond Dalio ini lahir pada 8 Agustus 1949 di lingkungan Jackson Heights di wilayah Queens, New York City, Amerika Serikat. Dia adalah putra seorang musisi jazz keturunan Italia, Marino Dallolio, pemain klarinet dan saksofon di klub jazz Manhattan seperti Copacabana. Ibunya Ann adalah seorang ibu rumah tangga.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Vladimir Lisin, Oligarki Baja Rusia yang Punya Banyak Gelar

Dalio mulai belajar berinvestasi pada usia 12 tahun ketika dia membeli saham Northeast Airlines seharga USD300 (Rp4,4 juta hari ini) dan melipatgandakan investasinya setelah maskapai itu bergabung dengan perusahaan lain. Dalio menerima gelar sarjana di bidang keuangan dari Long Island University (CW Post) dan MBA dari Harvard Business School pada tahun 1973.

Karir

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Dalio bekerja di lantai bursa New York Stock Exchange dan berdagang di komoditas berjangka. Dia kemudian bekerja sebagai Direktur Komoditas di Dominick & Dominick LLC. Pada tahun 1974 ia menjadi pialang bursa berjangka di Shearson Hayden Stone.

Hingga pada tahun 1975 dia mendirikan firma manajemen investasi Bridgewater Associates dari apartemennya. Pada tahun 1981, perusahaan itu pun membuka kantor di Westport, Connecticut, dan menjadi hedge fund terbesar di dunia pada tahun 2005. Bahkan, pada Oktober 2017 perusahaan memiliki aset yang dikelola sebesar USD160 miliar (Rp2.393 triliun).

Pada tahun 2007, Bridgewater telah memprediksi kemungkinan krisis keuangan global dan pada tahun 2008 Dalio menerbitkan esai berjudul Bagaimana Mesin Ekonomi Bekerja: Sebuah Template untuk Memahami Apa yang Terjadi Sekarang.

Pada tahun 2011 ia menerbitkan sendiri buku 123 halaman berjudul Prinsip yang menguraikan filosofi investasi dan manajemen perusahaan berdasarkan pengamatan, analisis, dan aplikasi praktis seumur hidup melalui hedge fund miliknya.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Lukas Walton, Miliarder Cucu Pendiri Walmart

Pada tahun 2012 Dalio muncul di daftar Time 100 tahunan dari 100 orang paling berpengaruh di dunia. Pada tahun 2011 dan 2012 Bloomberg Markets mendaftarkannya sebagai salah satu dari 50 orang paling berpengaruh. Alpha Investor Institusional menempatkannya di peringkat ke-2 pada Daftar Kaya 2012 mereka.

Dalio mundur sebagai co-CEO Bridgewater pada Maret 2017 sebagai bagian dari perombakan di seluruh perusahaan pada 15 April. Perusahaan telah berada dalam transisi manajemen dan ekuitas selama tujuh tahun untuk menemukan pengganti.

Pada 7 April 2019, Dalio mengatakan dalam 60 Minutes bahwa ketimpangan pendapatan di Amerika Serikat adalah keadaan darurat nasional yang memerlukan reformasi.

Kehidupan Pribadi

Dalio tinggal bersama istrinya Barbara, keturunan Gertrude Vanderbilt Whitney yang menikah pada 1976 di Greenwich, Connecticut. Mereka memiliki empat putra, Devon, Paul, Matthew, dan Mark. Dalio adalah penggemar berat dana indeks. 80% dari portofolionya adalah Dana indeks. Pada tahun 2020 Index Fund terbesarnya adalah 'SPDR S&P 500 ETF Trust' dengan nilai USD1,68 miliar (Rp25 triliun).

Tag: Kisah Orang Terkaya, Ray Dalio

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: REUTERS/Brian Snyder