Senin, 30 November 2020 Portal Berita Entrepreneur

Jadi Investor Gojek, Ini Profil Perusahaan PayPal yang Makin Memudahkan Pembayaran Digital

Foto Berita Jadi Investor Gojek, Ini Profil Perusahaan PayPal yang Makin Memudahkan Pembayaran Digital
WE Entrepreneur, Jakarta -

Perusahaan pembayaran digital PayPal Inc merupakan perusahaan yang menjadi pioneer pembayaran digital yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos.

Perusahaan yang baru-baru ini berinvestasi pada Gojek pun membuat nama PayPal semakin hits jadi pembicaraan. Lantas, bagaimana berdirinya PayPal?

Baca Juga: Gojek Dapat Kucuran Dana Baru dari Facebook dan PayPal, GoPay dan PayPal Bakal Terhubung?

Sebenarnya, PayPal merupakan sebuah perusahaan hasil penggabungan antara Confinity dengan X.com yang dilakukan pada tahun 2000. Confinity didirikan pada bulan Desember 1998 oleh Peter Thiel dan Max Levchin dengan tujuan awal sebagai perusahaan perantara pembayaran Palm Pilot dan penyedia layanan kriptografi.

Sementara X.com didirikan oleh Elon Musk pada bulan Maret 1999 sebagai penyedia jasa perencanaan keuangan. Pada tanggal 3 Oktober 2002, PayPal pun menjadi perusahaan bagian dari eBay. Pasca akuisisi ini para karyawan awal dan pendiri memilih meninggalkan perusahaan.

Perusahaan juga beroperasi di negara Jerman, India, Irlandia, Israel dan beberapa negara bagian lainnya.

Tercatat pada tahun 2011, terdapat 190 cabang aktif beroperasi dan ada 232 juta akun terdaftar. Fitur yang dimiliki Paypal adalah mengirim, menerima dalam 26 mata uang berbeda di seluruh dunia.

Tak hanya sukses menyediakan sistem pembayaran digital, PayPal juga memiliki reputasi sebagai pencetak miliuner di bidang teknologi. Terbukti sebanyak 14 dari 50 karyawan awal dan pendiri PayPal kini menyandang status miliuner yang mendirikan perusahaan rintisan seperti YouTube, LinkedIn, Reddit, Yelp, dan Tesla.

Elon Musk pun menjadi salah satu miliuner yang memulai karirnya melalui pembayaran digital ini. Dari transaksi akuisis yang dilakukan oleh eBay, Elon Musk diperkirakan mendapat USD 165 juta yang membuatnya mendirikan Tesla dan SpaceX.

Terkait investasi yang dilakukan PayPal terhadap Gojek, kedua pihak pun menyepakati bahwa layanan pembayaran PayPal akan diintegrasikan ke Gojek melalui fitur GoPay. Di mana itu berarti, transaksi pembayaran digital akan semakin mudah lagi mengingat PayPal bisa mengonversi mata uang berdasarkan kurs yang ada.

Untuk diketahui, PayPal sendiri telah menjadi pengelola sistem pembayaran elektronik umumnya digunakan untuk pengiriman uang antar negara. Kapitalisasi pasar perusahaan berkode PYPL ini mencapai USS 184,9 miliar atau Rp2.773 triliun.

Adapun saat ini saham PayPal Holdings Inc melesat 1,92% yang kini berada di level US$ 157.49/saham atau setara dengan Rp 2,36 juta/saham.

Tag: PT Go-Jek Indonesia, Go-Pay, PayPal

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Reuters