Sabtu, 27 November 2021 Portal Berita Entrepreneur

Pemasok Layar Samsung dan Apple IPO, Dulunya Hanya Jualan Kaca untuk Jam Tangan!

Foto Berita Pemasok Layar Samsung dan Apple IPO, Dulunya Hanya Jualan Kaca untuk Jam Tangan!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Biel Crystal Holdings, salah satu pemasok layar ponsel terbesar di dunia telah mengajukan draf dokumen untuk penawaran umum perdana di Hong Kong. Meski tidak mengungkap rincian IPO lebih lanjut, namun perusahaan berencana mengumpulkan USD2 miliar (Rp28,7 triliun).

Dilansir dari Forbes di Jakarta, Selasa (3/8/21) Biel Crystal dimiliki oleh pendirinya Yeung Kin-man dan istrinya, Lam Wai-ying. Kini keduanya memiliki kekayaan bersih gabungan sebesar USD18,6 miliar (Rp266 triliun) ketika Daftar Kaya Hong Kong diterbitkan.

Perusahaan sebelumnya menunda rencana untuk listing di Hong Kong pada 2018 yang akan mengumpulkan USD1,5 miliar karena volatilitas pasar yang dipicu oleh meningkatnya perang perdagangan antara China dan AS.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Chan Tan Ching-fen, Janda Terkaya Pemilik Raksasa Properti Hong Kong

Biel Crystal mengatakan laba bersihnya melonjak 70,8% menjadi hampir HK$3,2 miliar (Rp5,8 triliun) untuk tahun yang berakhir Maret. Pendapatan perusahaan untuk periode yang sama sekitar HK$30 miliar (Rp55,3 triliun), naik 8,9% dari tahun sebelumnya.

Perusahaan mengatakan pendapatannya terkena dampak negatif oleh pelanggan yang tidak melanjutkan operasi penuh setelah Tahun Baru Imlek yang menyebabkan keterlambatan dalam inspeksi dan pengiriman produk.

Biel Crystal juga mengatakan meskipun pandemi telah mendorong permintaan untuk perangkat pintar sehingga orang harus bekerja dan belajar dari rumah, terdapat sentimen konsumen yang melemah dan penutupan gerai ritel.

Pengajuan Biel Crystal juga menyoroti bahwa bisnisnya dapat terpengaruh secara negatif oleh hambatan perdagangan.

“Perang perdagangan yang sedang berlangsung antara AS dan China telah meningkatkan ketegangan mereka dalam hubungan internasional,” kata perusahaan itu dalam pengajuannya.

“Kami tidak dapat memprediksi bagaimana hubungan bilateral antara AS dan China akan berkembang lebih lanjut, atau mengantisipasi dampak potensial yang mungkin timbul dari perkembangan selanjutnya dalam hubungan semacam itu terhadap bisnis kami.”

Biel Crystal didirikan oleh Yeung Kin-man yang kini berusia 68 tahun di kota Shenzhen, China, untuk memproduksi kaca untuk jam tangan mekanis pada tahun 1989. Perusahaan tersebut mengatakan sebenarnya menjadi salah satu produsen pertama yang mulai memproduksi layar kaca untuk perangkat seluler di awal pada 2000-an ketika ponsel masih menggunakan plastik.

Biel Crystal sekarang memasok suku cadang untuk smartphone, tablet, dan perangkat yang dapat dikenakan ke Apple, Samsung, Xiaomi, Lenovo, dan lainnya.

Tag: Apple Inc, Samsung Electronics Co Ltd

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: GSM Arena