Jum'at, 24 September 2021 Portal Berita Entrepreneur

Kisah Orang Terkaya: Steven Rales, Konglomerat AS yang Terkenal sebagai Produser Film

Foto Berita Kisah Orang Terkaya: Steven Rales, Konglomerat AS yang Terkenal sebagai Produser Film
WE Entrepreneur, Jakarta -

Pengusaha asal Amerika, Steven Rales telah menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Pria kelahiran 31 Maret 1951 ini terkenal sebagai produser film. Pada tahun 2021 Forbes mendaftarkannya sebagai orang terkaya dengan kekayaan bersih USD10,9 miliar (Rp157 triliun).

Dibesarkan dalam keluarga Yahudi, Rales adalah salah satu dari empat putra Ruth dan Norman Rales. Ayahnya dibesarkan di sebuah panti asuhan, Hebrew Orphan Asylum di New York City, dan menjadi seorang pengusaha, yang menjual perusahaan pemasok bangunannya di Washington, DC.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Michael Otto, Pewaris Bisnis Pos yang Sulap Perusahaan Jadi Raksasa Konglomerat

Ayahnya juga seorang dermawan dengan mendirikan Yayasan Norman dan Ruth Rales dan Layanan Keluarga Yahudi Ruth Rales. Steven memiliki tiga saudara laki-laki: Joshua, Mitchell, dan Stewart.

Pada tahun 1969, Rales lulus dari Walt Whitman High School, di Bethesda, Maryland. Pada tahun 1973, ia lulus dari Universitas DePauw, di mana ia berada di persaudaraan Beta Theta Pi. Pada tahun 1978, ia dianugerahi J.D. dari American University.

Pada tahun 1979, ia meninggalkan perusahaan real estate ayahnya untuk mendirikan Equity Group Holdings dengan saudaranya Mitchell Rales.

Dengan menggunakan obligasi, mereka membeli lini bisnis yang beragam: pertama Mastershield, produsen pelapis dinding vinil, kemudian Perusahaan Karet Mohawk, kemudian Grup Hipotek Diversifikasi. Mereka mengubah nama menjadi Diversified Mortgage Investors, pada tahun 1978, dan kemudian Danaher, pada tahun 1984.

Pada tahun 1985, mereka membeli Easco Corporation, produsen ekstrusi aluminium independen terbesar saat itu, dan produsen perkakas tangan yang memproduksi soket dan kunci pas merek Craftsman untuk Sears.

Pada 1980-an, sisi AM dari WGMS dijual ke pemodal ventura Steven dan Mitchell Rales. Mereka pun mengubah stasiun musik menjadi frekuensi pertama untuk WTEM dan sebuah stasiun pembicaraan olahraga pada tahun 1992. Pada tahun 1995 Steven dan Mitchell Rales mendirikan Colfax Corporation, produsen pompa industri di Richmond, Virginia.

Selain itu, Rales juga memiliki perusahaan produksi film Indian Paintbrush, yang mendanai The Darjeeling Limited (2007), dan Fantastic Mr. Fox (2009).

Perusahaan ini juga terlibat dalam Jeff, Who Lives at Home (2011), Moonrise Kingdom (2012), Seeking a Friend for the End of the World (2012), Labor Day (2013), The Grand Budapest Hotel (2014), Me dan Earl and the Dying Girl (2015), dan Isle of Dogs (2018). Indian Paintbrush memiliki kesepakatan jangka panjang dengan Searchlight Pictures.

Pada tahun 2002, ia menjadi donatur utama dalam dedikasi Pusat Seni Pengupas di Universitas DePauw. Dia adalah donor untuk GolfRocks. Berfokus pada penghindaran pajak dan arus kas, mereka mengakuisisi lebih dari tiga lusin perusahaan dan mengubah Danaher menjadi perusahaan yang terdiversifikasi.

Pada Juli 2016, konglomerat industri ini memisahkan sebagian asetnya menjadi perusahaan baru, Fortive Corporation. Terbaru pada Maret 2020, Danaher mengakuisisi bisnis biofarma GE senilai USD21,4 miliar secara tunai.

Hari ini, Rales menjabat sebagai ketua dewan di Danaher, yang memiliki penjualan USD22,3 miliar pada tahun 2020.

Tag: Steven Rales, Kisah Orang Terkaya

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Twitter/Forbes