Rabu, 28 Juli 2021 Portal Berita Entrepreneur

Kisah Orang Terkaya: Jay Chaundhry, Perantau Miskin dari India yang Jadi Miliarder di AS

Foto Berita Kisah Orang Terkaya: Jay Chaundhry, Perantau Miskin dari India yang Jadi Miliarder di AS
WE Entrepreneur, Jakarta -

Cybersecurity membuat pria 62 tahun menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Ialah Jay Chaudhry, CEO Zscaler, sebuah perusahaan cybersecurity alias keamanan siber. Sebelum mendirikan Zscaler, ia juga mendirikan AirDefense, CipherTrust, CoreHarbor dan Secure IT.

Dibesarkan di desa miskin di daerah Himalaya, India, tanpa air mengalir, bahkan tanpa listrik. Tetapi, kini Jay bisa menjadi miliarder dunia dan hartanya mencapai USD11,1 miliar (Rp158,3 triliun). Ia juga berhasil meraih pendidikan tinggi, seperti gelar sarjana dari Banaras Hindu University dan gelar master dan MBA dari University of Cincinnati.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Li Ge, Pembuat Obat-Obatan Asal China yang Jadi Miliarder Dunia

Pada tahun 1996, Jay dan istrinya, Jyoti, berhenti dari pekerjaan mereka dan menggunakan tabungan untuk memulai perusahaan keamanan siber SecureIT yang menjadi startup pertamanya. Setelah itu, Jay mulai mendirikan CipherTrust, CoreHarbor dan AirDefense. Kini, semua perusahaan itu sudah diakuisisi.

Sehingga pada tahun 2008, Jay mendirikan perusahaan keamanan siber bernama Zscaler. Ia pun menjadi CEO di perusahaan tersebut, perusahaan juga sudah IPO pada Maret 2018. Jay dan keluarganya memiliki 45% dari perusahaan yang terdaftar di Nasdaq.

Jay telah lama pindah ke AS yakni sejak tahun 1980 untuk menghadiri sekolah pascasarjana. Hari ini, ia tinggal di Nevada dengan istri dan ketiga anaknya setelah pindah dari Bay Area.

Tag: Jay Chaudhry, Kisah Orang Terkaya

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Reuters/India Today