Senin, 14 Juni 2021 Portal Berita Entrepreneur

Kisah Orang Terkaya: Leonid Fedun, Mantan Militer Rusia yang Jadi Tangan Kanan Konglomerat

Foto Berita Kisah Orang Terkaya: Leonid Fedun, Mantan Militer Rusia yang Jadi Tangan Kanan Konglomerat
WE Entrepreneur, Jakarta -

Salah satu orang terkaya asal Rusia, Leonid Fedun adalah seorang mantan perwira militer Rusia yang kini berharta USD10,6 miliar (Rp153 triliun), menurut Forbes. Fedun adalah rekan dekat Vagit Alekperov, CEO perusahaan minyak Rusia Lukoil. Fedun bertemu Alekperov di akhir 80-an saat mengajar di kota Kogalym di Siberia.

Harta kekayaan Fedun berasal dari 9,2% saham Lukoil dan klub sepak bola Rusia Spartak Moscow. Pada November 1992, dia terjun ke bisnis dan mendirikan perusahaan Neftkonsult LLP. Dan pada tahun 1993, Fedun resmi diberhentikan dari militer Rusia kemudian selanjutnya menjajaki karir sebagai CEO JSC.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Harry Triguboff, Miliarder Real Estat yang Kuasai Pasar Australia

Tak banyak informasi pribadi yang bisa digali mengenai miliarder Rusia ini. Meski demikian, beberapa tahun kemudian yakni pada tahun 1996, Fedun menjadi Wakil Presiden Lukoil Inc dan pada Mei 2006, Fedun adalah salah satu dari dua pemilik utama IFD Kapital Group.

Kekayaan bersihnya telah tumbuh secara signifikan pada 2019-2020. Kini di tahun 2021, Forbes memperkirakan kekayaan bersihnya USD10,6 miliar (Rp153 triliun). Alekperov kini memimpin Lukoil, dan Fedun bekerja sebagai tangan kanannya.

Tag: Leonid Fedun, Kisah Orang Terkaya, Rusia

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: REUTERS/Olesya Astakhova