Rabu, 28 Juli 2021 Portal Berita Entrepreneur

Belajar Digital Marketing dari Denny Santoso

Foto Berita Belajar Digital Marketing dari Denny Santoso
WE Entrepreneur, Jakarta -

Denny Santoso kini dikenal sebagai pakar digital marketing dan entrepreneur di Indonesia. Perjalanan itu dimulainya dengan berbisnis di tahun 1991 dengan membuat PT Jaya Sportindo, saat itu adalah satu-satunya distributor utama suplemen fitness dan kesehatan pertama di Indonesia hingga saat ini punya beberapa bisnis lainnya di berbagai industri.

Bertahun-tahun mengelola berbagai bisnis memberi pengalaman berharga untuk Denny dalam perjalanannya menjadi seorang entrepreneur. Jatuh bangun sudah pernah dialami, rugi puluhan miliiar pun juga pernah dihadapi. Namun, semangatnya untuk terus belajar dan tidak pernah mau menyerah membuatnya menjadi seorang Denny Santoso yang kuat.

Baca Juga: KOL Stories x Denny Santoso: Updating Digital Marketing Strategy in Uncertain Times

Denny mengenal dunia internet marketing sejak awal 2000 dan mulai mendalaminya semenjak 2007. Bahkan, ia tidak ragu menghabiskan uang miliaran rupiah agar bisa memahami dunia digital marketing dan belajar langsung dari mentor-mentor terbaik dari Luar Negri. Meskipun saat itu digital marketing belum setenar sekarang, Denny tetap gigih mempelajari dan mengampanyekan digital marketing.

Denny percaya bahwa ke depannya digital marketing akan menjadi besar di dunia-nyatanya terbukti dengan melihat perkembangan internet saat ini. Tak hanya kesuksesannya yang menginspirasi, tokoh satu ini juga murah hati dan kerap berbagi ilmu di banyak platform digital. Simak kisah inspiratif Denny Santoso berikut ini!

Denny Santoso: Mentor Digital Marketer yang Tidak Pelit Ilmu, tetapi Introvert

Jika Anda ingin mencari "mentor" yang tepat untuk memperbesar bisnis Anda di ranah digital, Anda perlu mengenal figur yang satu ini. Ia adalah entrepreneur dengan banyak pengalaman yang kerap berbagi ilmu dan sangat berpengalaman dalam dunia digital marketing sehingga saat ini sering disebut sebagai Digital Marketer Expert Indonesia.

Tokoh tersebut bernama Denny Santoso. Kiprahnya dalam dunia bisnis tidak perlu diragukan lagi. Denny telah memiliki banyak pengalaman di dunia bisnis, dimulai dari membangun PT Jaya Sportindo, Bonnels.id, sampai sekarang fokus dalam membangun Tribelio. Selain itu, Denny juga punya pengalaman di industri properti, film, bahkan sampai MLM.

Banyak yang tidak tahu, Denny Santoso adalah seorang introvert yang lebih menyukai untuk menghabiskan waktunya di rumah bersama keluarga daripada berkumpul di luar berlama-lama. Bisa dikatakan, Denny itu seorang Family Man. Dia lebih suka bermain bersama anak-anak di rumah atau membaca banyak buku di waktu senggang.

Dari banyak membaca dan banyak belajar, Denny sadar bahwa perkembangan digital marketing di Indonesia masih sangat jauh jika dibandingkan dengan negara lain, sebut saja Amerika. Untuk itu, sebagai anak bangsa, Denny juga ingin membagikan ilmunya kepada lebih banyak orang lagi agar pengetahuan yang dipelajarinya tidak hanya disimpan untuk Denny seorang, tapi juga bisa menjadi pengetahuan bagi banyak orang, terutama di Indonesia.

Semenjak itu, Denny banyak memberi ilmu baik secara offline maupun lewat platform digital dan mulai banyak dikenal orang, sebut saja Youtube, Podcast, Instagram, bahkan TikTok pun juga digeluti oleh Denny.

Denny juga pada akhirnya membuka kelas-kelas baik berbayar maupun gratis karena banyaknya permintaan. Untuk kelas berbayar yang Denny adakan, pastinya ilmu yang diberikan akan lebih dalam lagi-dan jika banyak yang bertanya kenapa harus berbayar? Denny menyampaikan bahwa mental gratisan orang Indonesia itu harus dihapus karena sangat tidak baik untuk pengembangan diri. Ketika mereka diberi ilmu gratis hanya 1:1000 yang mau take action dan akhirnya berhasil, sedangkan yang lainnya hanya masuk telinga kiri-dan keluar telinga kanan.

"Saya sebut mindset seperti itu adalah Chicken Mindset. Mereka mau sukses? Dikasih ilmu gratis, tapi jadi males-malesan. Pada mikir masih ada besok, besok aja deh lakukan sehingga kebanyakan butuh dipecut supaya mau bergerak. Nah, salah satunya ya dengan mengadakan kelas berbayar supaya mereka sadar sudah bayar, tapi tidak action juga kan buang-buang uang, maka akan lebih kecil kemungkinan mereka malas-malasan," ungkap Denny. 

Berkat ilmu dan sharing dari Denny, dia sudah bisa menghasilkan banyak entrepreneur sukses lainnya yang berhasil meningkatkan bisnis mereka lewat strategi digital marketing, sebut saja Rico Huang, Perdana Mahartika, Dewa Eka Prayoga, dan masih banyak lagi.

"Saya senang jika lebih banyak orang sukses di Indonesia karena dengan begitu, Indonesia bisa menjadi negara maju yang isinya orang-orang hebat yang bisa membantu perekonomian Indonesia dan menjadikan Indonesia menjadi negara diperhitungkan oleh banyak negara lainnya," sambung Denny. 

Denny Santoso: Mulai Berbisnis di Umur 17 Tahun

Rupanya Denny sudah bergelut dalam bisnis semenjak dia masih menginjak bangku SMP. Kala itu, games sedang booming di kalangan anak seusianya. Melihat peluang tersebut, ia pun berbisnis jualan CD games. Setiap harinya, Denny mencatat pesanan games dari teman-teman di sekolah dan sesampainya dirumah akan diproduksi sendiri oleh Denny, untuk kemudian dijual keesokan harinya.

Baca Juga: Membangun Layanan Konsumen Digital Industri Keuangan yang Andal di Tengah Pandemi

Denny mengatakan sangat menyukai hal tersebut dan terus memanfaatkan peluang yang ada untuk menghasilkan uang yang selalu dikumpulkan Denny dalam 1 celengan. Sampai pada saat kuliah, Denny berkenalan dengan dunia fitness dan ikut mengonsumsi suplemen fitness dan suplemen kesehatan lainnya.

Karena tinggal di Kota Malang, saat itu belum ada toko suplemen sama sekali sehingga untuk mendapatkan suplemen yang Denny mau, dia harus menunggu temannya yang datang dari Surabaya beberapa bulan sekali. Hal ini tentu sangat mengganggu karena ketika stok Denny habis dan belum ada teman yang datang, selama itu juga Denny harus berhenti mengonsumsi suplemen, yang justru membuat Denny penasaran apakah ada cara lain untuk membelinya dengan mudah di Malang. Denny kemudian menemukan lewat internet bahwa banyak suplemen lainnya dari Luar Negeri yang sangat bagus kandungannya.

Denny kecil pun mencoba peruntungan untuk membeli produk tersebut menggunakan uang tabungannya selama ini. Waktu itu terkumpul sebanyak Rp2.5 juta yang cukup untuk membuat kartu kredit pertama Denny dan yang akhirnya digunakan untuk membeli produk dari luar negeri tersebut.

"Tentunya dulu itu kan belum secanggih sekarang ya, saya ga bisa track barang saya sudah sampai mana? Jadi ya cuma bisa menunggu sampai barangnya tiba. Terus setelah menunggu sekitar 1 bulan akhirnya barang yang saya beli sampai juga di rumah saya. Alih-alih pake itu untuk diri sendiri, saya memilih untuk jualin produk itu di Malang karena jelas market-nya ada dan penjualnya belum ada. Nah, dari sinilah awal mulanya saya punya bisnis lumayan besar, sampai akhirnya bikin PT supaya saya bisa jadi distributor tunggal dan terbukti saya bisa," cerita Denny mengenang masa lalu.

Denny Santoso: Pernah Jadi Sales Door to Door demi Dapatkan Customer

Tentunya, perjalanan Denny tidaklah mudah. Demi mendapatkan customer, Denny bekerja sama dengan banyak gym dan tempat fitness di Kota Malang untuk menjual produknya. Tidak cukup dengan Malang, Denny pun mulai menjelajah Indonesia dan setiap harinya keliling keluar kota untuk bekerja sama dengan banyak tempat gym lainnya di kota-kota besar di Indonesia.

Sebut saja dari Sabang sampai Merauke sudah didatangi oleh Denny. Tentunya, semua itu butuh proses, butuh waktu, tetapi yang pasti butuh komitmen dan kerja keras yang pantang menyerah. "Lelah? Pasti ada," ujar Denny. "Namun, ketika goal dan mimpi kita itu sudah di pikiran, segala hal yang dapat menghalau mimpi itu pun seakan bisa lenyap oleh karena kemauan dan kerja keras kita," tegasnya.

Denny Santoso: Menyerah Itu Tidak Ada dalam Kamus Saya

Semenjak terjun dalam dunia bisnis, Denny juga menghadapi banyak tantangan dan rintangan. Namun, Denny tidak pernah menyerah dan terus bangkit untuk mewujudkan mimpinya. Hal ini juga terbukti ketika Denny harus rela merugi belasan miliar rupiah ketika bisnis lainnya tidak berjalan dengan baik.

Alih-alih terpuruk dan bersedih, Denny memilih untuk belajar dari kesalahan. Denny menganalisis apa saja hal salah yang dia lakukan kemarin dan seharusnya tidak dia lakukan di bisnis selanjutnya. Pengalaman inilah yang membuat Denny makin mantap dalam berbisnis dan juga menjadi acuan Denny saat berbagi ilmu dengan orang banyak, termasuk kepada murid-muridnya.

Denny tidak suka berbicara tanpa bukti sehingga apa saja yang Denny bahas adalah semua hal yang sudah pernah dilewati agar dapat dipelajari oleh para pebisnis lain, baik pemula maupun yang sudah berkecimpung lama, supaya tidak jatuh di lubang yang sama.

Cerita Denny lainnya juga sudah ditulis dalam sebuah buku biografi berjudul Done is better dan perfect, di mana para pembaca dapat belajar tentang hidup, mindset, dan bisnis yang tepat langsung dari pengalaman seorang Denny Santoso. Buku ini juga dapat dibeli di Gramedia ataupun di website Denny di situs berikut ini.

Tag: Digital Marketing, Entrepreneur, Denny Santoso

Penulis: ***

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Foto: Instagram/Denny Santoso