Senin, 30 November 2020 Portal Berita Entrepreneur

Lepas Bisnis Rokok, Ini 6 Bisnis Lain Milik Konglomerat Putera Sampoerna

Foto Berita Lepas Bisnis Rokok, Ini 6 Bisnis Lain Milik Konglomerat Putera Sampoerna
WE Entrepreneur, Jakarta -

Pewaris rokok HM Samporena, Putera Sampoerna merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia. Menurut Forbes, kekayaannya mencapai USD1,8 miliar atau Rp25,21 triliun. Forbes menempatkan pria kelahiran Belanda itu sebagai orang terkaya ke-14 di Tanah Air.

Meski tekenal dengan berbisnis rokok, rupanya kekayaannya tak hanya dari penjualan HM Sampoerna tahun 2005 lalu. Kini, Putera Sampoerna memiliki ragam bisnis lain. Apa saja? Berikut ulasannya!

Baca Juga: Kisah Aburizal Bakrie, Mantan Orang Terkaya RI yang Tertendang Lama dari Daftar Forbes

1. PT Sampoerna Agro, Tbk (Perkebunan)

PT Sampoerna Agro bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dan karet. Perusahaan juga memiliki pabrik kelapa sawit, pabrik penghancur karnel, produksi benih perkecambahan dan pemanfaatan produk kehutanan non-kayu seperti sagu. Bisnis ini berlokasi di Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara dan Riau.

2. KSP Sahabat Mitra Sejati (Keuangan)

KSP Sahabat Mitra Sejati merupakan koperasi simpan pinjam. KSP Sahabat Mitra Sejati hingga Juni 2020 berhasil menyalurkan pinjaman kepada anggotanya sebesar Rp2,4 triliun dengan total simpanan Rp3,2 triliun dan aset Rp3,5 triliun.

3. PT Bank Sahabat Sampoerna (Keuangan)

PT Bank Sahabat Sampoerna merupakan bagian dari Sampoerna Strategic Group dan didirikan pada tahun 1990. Sebelumnya, nama perusahaan adalah Dipo International Bank sampai tahun 1995 dan Bank Dipo International sampai tahun 2012.

4. PT Sampoerna Land (Properti)

PT Sampoerna Land merupakan bisnis properti dan manajemen gedung dalam Sampoerna Strategic Square.

5. PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (Telekomunikasi)

Perusahaan telekomunikasi ini berjalan dengan merek dagang Net1. PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI) merupakan satu-satunya operator telekomunikasi di Indonesia yang beroperasi pada frekuensi 450Mhz dengan teknologi CDMA2000 1x. STI memiliki lisensi mobilitas penuh dengan jangkauan nasional.

6. Sampoerna Kayoe (Pengolahan Kayu)

Sampoerna Kayu menjadi penyedia solusi kayu rekayasa terkemuka di Asia Tenggara. Kegiatan bisnis kayu olahan ini dijalankan PT Sumber Graha Sejahtera (Indonesia) dan Samko Timber Limited (Singapura).

Wah, pantas saja ya Putera Sampoerna tetap menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Bisnisnya tetap di mana-mana!

Tag: Putera Sampoerna, konglomerat

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Forbes