Rabu, 28 Juli 2021 Portal Berita Entrepreneur

Mengenal Adamas Belva Devara, Salah Satu Staf Milenial Sekaligus Pendiri Ruangguru

Foto Berita Mengenal Adamas Belva Devara, Salah Satu Staf Milenial Sekaligus Pendiri Ruangguru
WE Entrepreneur, Jakarta -

Baru-baru ini, Adamas Belva Devara menyampaikan keinginannya ingin mundur dari stafsus milenial. Hal ini dilakukannya untuk menghindari konflik kepentingan seperti yang ditudukan kepadanya.

Terlebih, Adamas Belva adalah pendiri Ruangguru yang salah satu fasilitas pendidikan yang ditawarkan adalah pelatihan di Skill Academy Kartu Prakerja.

Baca Juga: Stafsus Milenialnya Offside, Jokowi Harus Tegas!

Meski demikian, Adamas Belva Syah Devara atau yang biasa disapa Belva merupakan pemuda lulusan Massachusetts Institute of Technology, Stanford University dan Harvard university yang kini menjabat sebagai CEO Ruangguru.

Adamas Belva Syah Devara merupakan anak sulung dari 3 bersaudara dari pasangan Tri Harsono dan Murni Hercahyani yang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil.

Lulus dari SD Tunas Jaka Sampurna, Belva melanjutnya pendidikan menengah pertama di SMP Al Azhar 4 dan SMA Presiden yang ia tempuh dengan beasiswa sepenuhnya berkat prestasinya.

Selanjutnya Belva menyelesaikan sarjana di NTU, dan melanjutkan pendidikan magister di dua universitas yakni Stanford University dan Harvard university.

Pada 2014, Belva Devara bersama koleganya Iman Usman mendirikan Ruang Guru, perusahaan teknologi yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan.

Tahun 2016, usai menyelesaikan pendidikannya di Amerika Serikat, Belva memutuskan untuk kembali ke tanah air dan fokus membesarkan Ruangguru bersama Iman Usman.

Dibawah komandonya, Ruangguru berkembang pesat daria platform pendidikan kecil menjadi startup teknologi edukasi terbesar di Indonesia yang menjangkau lebih dari 15 juta siswa di seluruh Indonesia dan 300.000 guru.

Tahun 2017, Ruangguru pernah mendapat kucuran pendanaan seri B senilai SGD 7 miliar dari lembaga investasi Bank UOB, dan tahun 2018 mendapatkan pendanaan hibah dari program MIT Solve yang ditujukan untuk program Ruangguru Digital Bootcamp.

Tahun 2018, aplikasi Ruangguru menjadi aplikasi belajar terpopuler berdasarkan Google Play User’s Choice Award 2018 dan memperoleh rating tertinggi untuk aplikasi belajar di Indonesia, dengan rating 4.7/5.

Adapun prestasi Belva bersama Iman USman yakni mendapatkan penghargaan sebagai pemuda di bawah usia 30 tahun tersukses dalam bidang consumer technology versi majalah Forbes Asia.

Ada pula penghargaan Under 40 The Vanguards 2018 dari majalah Prestige, ASEAN 40 Under 40 oleh ASEAN Advisory 2018, Atlassian Foundation MIT SOLVE Grantee 2017, Australian DFAT MIT SOLVE Grantee 2017 dan GSMA Innovation Fund Grantee 2017.

Tag: Belva Devara, Ruangguru

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Instagram Belva