Minggu, 07 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Bukan Travis Kalanick, Ternyata Dia Pencetus Ide 'Ride-Sharing' Uber Pertama Kali

Foto Berita Bukan Travis Kalanick, Ternyata Dia Pencetus Ide 'Ride-Sharing' Uber Pertama Kali
WE Entrepreneur, Jakarta -

Mantan CEO Uber, Travis Kalanick, yang sudah undur diri akibat tekanan para investor ternyata bukan orang yang memunculkan ide original Uber. Kalanick pernah mengatakan bahwa sosok itu adalah Garret Camp.

"Garrett [Camp] adalah orang yang menemukan itu," ujar Kalanick pada acara awal Uber di San Francisco. "Aku ingin bertepuk tangan dan memeluknya bersamaan."

Garret Camp adalah sosok yang pertama kali menemukan ide 'ride-sharing'. Ia pun membagikan ide itu ke Kalanick saat mereka menghadiri konferensi LeWeb 2008.

Baca Juga: Walah! Mantan Bos Uber Bangkrut dan Harus Bayar Rp2,5 Triliun ke Google!

Dia ingin menciptakan layanan mobil mewah yang nyaman yang tidak memerlukan biaya ribuan dolar untuk digunakan. Kalanick pun bergabung dan UberCab mulai akhir tahun itu.

Prototipe awal juga dibuat oleh Camp. Kalanick diangkat sebagai "mega advisor" saat itu dan tidak diangkat menjadi CEO hingga 2010. Tahun 2010, ia pun diangkat menjadi CEO menggantikan CEO saat itu, Ryan Graves.

Camp mendapatkan kekayaan pertamanya ketika ia menjual alat rekomendasi web StumbleUpon ke eBay pada tahun 2007. Dia juga seorang investor, pencipta studio startup Expa, yang membantu para startup membangun produk mereka sendiri dan meluncurkan organisasi nirlaba bernama Camp Foundation.

Camp sendiri masih berada di dewan Uber, meski ia tampak tak terlibat dengan kegiatan sehari-hari di Uber. Namun, dia memiliki sekitar 5% saham di perusahaan tersebut.

Tag: Uber, Travis Kalanick, Garret Camp

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Business Insider