Minggu, 17 Januari 2021 Portal Berita Entrepreneur

Mengintip Harta Menteri Nadiem Makarim, Eks Bos Gojek yang Capai Rp1,2 T

Foto Berita Mengintip Harta Menteri Nadiem Makarim, Eks Bos Gojek yang Capai Rp1,2 T
WE Entrepreneur, Jakarta -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menjadi salah satu Menteri Muda Joko Widodo yang pamornya tengah naik daun. Nadiem tercatat melaporkan harta kekayaannya kepada LHKPN pada 19 Desember 2019 lalu. Dan diketahui hartanya mencapai Rp1, 23 triliun.

Dari laporan tersebut, diketahui Nadiem memiliki 6 bidang tanah dan bangunan dengan total nilai mencapai Rp38.68 miliar. Tanah dan bangunan milik Nadiem itu tersebar di wilayah Jakarta, Gianyar, hingga Rote Ndao.

Nadiem Makarim juga tercatat memiliki kendaraan transportasi senilai Rp2,08 miliar yang terdiri dari tiga mobil. Yaitu mobil Honda Brio, Toyota Harrier dan Toyota Vellfire.

Baca Juga: 4 Poin Kebijakan 'Kampus Merdeka' Keluaran Mendikbud Nadiem Makarim

Tak hanya itu, Nadiem juga tercatat memiliki surat berharga yang senilai Rp1,25 triliun beserta kas dan setara kas senilai Rp 119,16 miliar. Nadiem juga tercatat memiliki utang sebesar Rp 185,36 miliar.

Surat berharga ini diperkirakan merupakan saham Gojek yang masih dipegang olehnya. Hal ini berdasarkan bocoran firma konsultasi investasi Momentum Works seperti ditulis Deal Street Asia, yakni pendiri dan mantan CEO Gojek memegang 4,81% total saham Gojek dengan jumlah 58.416 lembar.

Sebagaimana diketahui, Nadiem mendirikan Gojek pada tahun 2010 bersama dengan Kevin Aluwi dan Michaelangelo Moran. Saat ini Gojek telah menyandang status decacorn berkat valuasi yang mencapai US$10 miliar.

Tag: Nadiem Makarim, Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN), Harta Kekayaan

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Go-Jek