Dalam era modern yang didominasi oleh teknologi, tampaknya sulit membayangkan bagaimana bisnis dan organisasi dapat berfungsi tanpa bantuan alat dan sistem yang canggih. Namun, bagi staf administratif yang ingin tetap berinovasi, tidak selalu bergantung pada teknologi untuk mencapai hal tersebut.
Indrawan Nugroho, CEO dan Co-founder Corporate Innovation Asia (CIAS), menjelaskan beberapa cara bagaimana staf admin dapat tetap inovatif tanpa ketergantungan pada teknologi. Staf admin dapat mengasah kreativitas mereka dengan cara sederhana, seperti menggunakan pena dan kertas untuk mencatat ide-ide dan membuat sketsa.
“Melihat secara objektif dan membuat prosedur menjadi lebih sederhana dengan mengurangi atau mengganti dengan sesuatu yang lebih simpel. Nah dari situ aja kan bisa dapat ide inovasi,” jelas Indrawan, dikutip dari kanal Youtube-nya pada Kamis (27/07/2023).
Baca Juga: Layanan Administrasi Polis Digital BNI Life (bPos) Terus Meningkat
Pendekatan manual itu dapat membantu membuka pikiran mereka untuk berpikir di luar batasan teknologi dan mencari solusi yang unik dan inovatif.
Langkah inovasi lainnya adalah menyusun ulang filling. Menurut Indrawan, membuat sistem filling lebih logis dan efisien karena dapat membantu staf admin menemukan data dan dokumen lebih mudah.
“Setelah evaluasi sistemnya kamu menemukan sistem model perusahaan agak berantakan dan enggak logis. Kamu bisa membuat sistem yang lebih logis atau lebih efisien, sehingga semua data dokumen itu terorganisir dengan baik. Ketika kamu butuh file jadi lebih gampang carinya,” paparnya.
Lebih lanjut, komunikasi juga lebih penting bagi staf admin. Teknologi memang memudahkan komunikasi, tapi tidak ada yang menggantikan interaksi manusia secara langsung.
“Di bagian administrasi kan bagian yang sering banget berhubungan dengan orang lain karena semua butuh data, informasi, dan butuh memproses sesuatu, sehingga melibatkan teman-teman semua kan dan seringkali problem itu muncul. Maka komunikasi sangat penting untuk dapat ide inovasi lainnya,” imbuhnya.
Staf admin juga dapat mengatur sesi diskusi kelompok atau brainstorming untuk membahas ide-ide dan masalah tertentu. Dalam suasana yang santai dan bebas tekanan, ide-ide segar dapat muncul dari para karyawan dan memunculkan inovasi dalam berbagai aspek pekerjaan mereka.
“Membuat mekanisme komunikasi yang lebih simpel, tepat sasaran, dan efektif. Contohnya membuat pertemuan rutin harian atau cycle meeting. Dari situ bisa perbaiki apapun dan menemukan solving problem bersama rekan kerja, sehingga gara-gara misinformation atau miscommunication akhirnya bisa ketemu cara yang baru dan belum pernah ada sebelumnya,” pungkas Indrawan.
Baca Juga: Pemerintah Kanada Usulkan Peraturan Baru bagi Perusahaan Kripto