Selasa, 23 April 2024 Portal Berita Entrepreneur

Kisah Inspiratif Presdir Star AM Reita Farianti, Perempuan Mampu Memimpin Industri Pasar Modal

Foto Berita Kisah Inspiratif Presdir Star AM Reita Farianti, Perempuan Mampu Memimpin Industri Pasar Modal
WE Entrepreneur, Jakarta -

Presiden Direktur Star Asset Management, Reita Farianti, menyatakan bahwa perempuan dapat mengambil langkah besar dalam dunia ekonomi di samping perannya sebagai ibu rumah tangga. 

Untuk menduduki kursi Direktur Star Asset Management, Reita pun mengerahkan upayanya untuk mencapai semua target pada akhir 2023 dengan mengelola total dana sekitar Rp17 triliun dan hampir 1500 investor dalam 3 tahun terakhir.

Kendati demikian, ternyata dibalik kisah suksesnya, Reita memiliki latar belakang yang menarik di mana dapat memotivasi para perempuan di luar sana bawa apapun background-nya tidak menjadi halangan untuk mencapai kesuksesan. 

Baca Juga: Mengenal Nakiirana, Tiktoker Inspiratif dengan 1 Juta Followers

"Dahulu awal tahun 90-an, saya sangat tertarik pada kontes kecantikan seperti berpartisipasi dalam pemilihan putri kampus di Bandung. Awalnya, saya tidak terlalu berkeinginan untuk ikut, tetapi teman-teman akhirnya meyakinkan saya. Meskipun pada awalnya kalah, saya tidak merasa keberatan, karena bagi saya yang terpenting adalah bersenang-senang. Namun, keberuntungan ternyata berpihak kepada saya, ketika saya mendapat kesempatan masuk ke babak semifinal dan akhirnya menjadi salah satu finalis," kata Reita, dilansir dari kanal YouTube Mirae Asset Sekuritas, Selasa (17/10/2023). 

Salah satu sponsor acara kontes kecantikan itu, Bank Niaga, membuka peluang kerja bagi para pemenang sebagai bagian dari program mereka," lanjutnya. 

Dari sanalah awal mulai Reita sebagai seorang mahasiswa matematika, tanpa rencana sebelumnya, menemukan dirinya di dunia keuangan, memulai karirnya sebagai seorang banker.

"Meskipun awalnya, saya tidak terpikirkan untuk itu, saya akhirnya menemukan kepuasan dalam bekerja sebagai seorang banker. Namun, karena saya saat itu masih kuliah, hidup pun terasa berat. Tetapi, saya merasa ilmu yang saya peroleh sangat berharga," ucap Reita. 

Usai menyelesaikan kuliahnya, Reita memutuskan untuk mengejar gelar magister di bidang keuangan untuk menguatkan latar belakang pendidikannya.

Setelah beberapa tahun di perbankan, posisi terakhirnya adalah sebagai senior assistant Vice Presiden yang mengawasi cabang dengan omset dan aset terbesar di Indonesia. 

Selama masa tersebut, Reita bertemu dengan banyak perusahaan sekuritas sebagai anggota bursa, yang semakin membuatnya mempertajam minat pada pasar modal. 

Kemudian pada tahun 2004, setelah 14 tahun di dunia perbankan, Reita memutuskan untuk pindah ke industri pasar modal, di mana dia akhirnya menjadi presiden direktur Star Aset Manajemen.

Semoga kisah hidup Reita dalam perjalanan karirnya menginspirasi para perempuan di luar sana bahwa apapun latar belakang pendidikan maupun lingkungan kalian tidak menjadi halangan untuk mencapai kesuksesan. Seperti halnya Reita yang memulai kariernya dari seorang mahasiswa matematika, mengikuti pemilihan putri kampus hingga mengambil kepemimpinan di industri pasar modal.

Baca Juga: Dari Remaja hingga Sukses di Pasar Modal, Ini Kisah Inspiratif Pendiri Mentor Baik Tom Hardi

Tag: Reita Farianti, STAR Asset Management

Penulis: Naeli Zakiyah Nazah

Editor: Amry Nur Hidayat

Foto: Sufri Yuliardi