Sabtu, 27 November 2021 Portal Berita Entrepreneur

Miris! Dua Orang Terkaya Dunia, Jeff Bezos dan Elon Musk Jadi Miliarder yang Paling Pelit Beramal

Foto Berita Miris! Dua Orang Terkaya Dunia, Jeff Bezos dan Elon Musk Jadi Miliarder yang Paling Pelit Beramal
WE Entrepreneur, Jakarta -

Kekayaan miliarder Amerika tahun ini meningkat hingga 40 persen menjadi USD4,5 triliun berkat reli saham yang melonjak. Dalam daftar Forbes 400, sayangnya tak banyak miliarder yang dermawan. Forbes sendiri memberikan skor filantropi dari 1 hingga 5. Semakin tinggi skornya, maka semakin dermawan miliarder tersebut.

Tahun ini, jumlah miliarder yang mendapat skor tertinggi yang menyumbangkan 20 persen atau lebih dari kekayaan mereka hanya delapan orang. Kebanyakan dari mereka justru hanya memberikan 1 persen dari kekayaan mereka sehingga mendapatkan skor 1.

Melansir Forbes di Jakarta, Rabu (13/10/21) adapun jumlah miliarder yang mendapat skor 1 meningkat dari 127 menjadi 156 orang. Sedangkan jumlah penerima skor 2 hingga 5 mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga: Jeff Bezos Bagikan Artikel Jadul yang Prediksi Amazon Bakal Gagal, Tapi Lihat Amazon Sekarang!

Miliarder dan investor legendaris, Warren Buffett masih menjadi miliarder paling dermawan karena mendonasikan saham Berkshire Hathaway senilai USD4,1 miliar pada Juni lalu sehingga membuat total donasinya seumur hidupnya menjadi USD44 miliar (Rp624,83 triliun).

Setelah Buffett, miliarder di urutan kedua yang paling dermawan adalah George Soros. Ia telah menyumbangkan USD16,8 miliar sepanjang hidupnya. Lalu disusul dengan mantan istri Jeff Bezos, MacKenzie Scott yang telah berdonasi USD8,6 miliar kepada hampir 800 organisasi. Jumlah donasinya mewakili 13 persen dari kekayaan bersihnya yang sebesar USD58,5 miliar sehingga ia mendapat skor 4.

Selanjutnya Bill Gates dan mantan istri, Melinda French Gates telah menyumbang lebih dari USD30 miliar kekayaannya melalui yayasan mereka. Mereka juga mendapat skor 4.

Sementara itu, Elon Musk dan Jeff Bezos menjadi orang terkaya dalam Forbes 400 yang mendapatkan skor 1 dengan banyaknya harta yang mereka kumpulkan.

Tag: Jeff Bezos, Elon Musk

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Reuters/Mike Blake