Jum'at, 24 September 2021 Portal Berita Entrepreneur

Mark Zuckerberg Cerdasnya Bikin Ngeri! Facebook Bakal Garap Dunia Digital 'Metaverse'!

Foto Berita Mark Zuckerberg Cerdasnya Bikin Ngeri! Facebook Bakal Garap Dunia Digital 'Metaverse'!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Facebook milik miliarder Mark Zuckerberg akan membuat tim produk untuk mengerjakan "metaverse", sebuah konsep yang melibatkan penciptaan dunia digital yang dapat didiami oleh banyak orang pada saat yang bersamaan.

Tim metaverse akan menjadi bagian dari grup realitas virtual Facebook, Reality Labs. Ini diungkap oleh eksekutif Andrew Bosworth dalam sebuah posting Facebook pada hari Senin.

“Hari ini Portal dan Oculus dapat memindahkan Anda ke ruangan dengan orang lain, terlepas dari jarak fisik, atau ke dunia dan pengalaman virtual baru,” tulis Bosworth.

Baca Juga: Duat Maut Duo Miliarder George Soros dan Bill Gates Caplok Perusahaan Tes Covid-19!

“Tetapi untuk mencapai visi penuh kami tentang Metaverse, kami juga perlu membangun jaringan ikat di antara ruang-ruang ini sehingga Anda dapat menghilangkan batasan fisika dan berpindah di antara mereka dengan mudah seperti berpindah dari satu ruangan di rumah Anda ke ruangan lain di rumah Anda selanjutnya." ujar Bosworth sebagaimana dikutip dari CNBC International di Jakarta, Selasa (27/7/21).

Vishal Shah, eksekutif yang bertanggung jawab atas produk di Instagram, bergabung dengan grup metaverse baru Facebook.

Perusahaan dan eksekutif teknologi mulai gencar pembangunan "metaverse" sebagai teknologi penerus smartphone dan internet seluler. Umumnya, teknolog menganggap metaverse sebagai dunia virtual di mana sejumlah besar orang dapat berkumpul untuk bermain, bekerja, dan bersosialisasi.

Metaverse terkait erat dengan realitas virtual dan teknologi augmented reality yang saat ini sedang dikembangkan oleh Apple, Google, Amazon, dan Microsoft serta Facebook. Roblox, game yang ditargetkan untuk anak-anak, sering dianggap sebagai contoh metaverse.

Facebook banyak berinvestasi dalam teknologi AR dan VR karena mereka menawarkan perusahaan kemungkinan untuk mengendalikan platform perangkat kerasnya sendiri jika mereka akhirnya lepas landas.

Dalam sebuah wawancara dengan The Verge yang diterbitkan awal pekan lalu, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan metaverse perusahaan sendiri akan bekerja pada headset realitas virtual, serta perangkat seluler dan konsol game.

“Dan harapan saya, jika kami melakukan ini dengan baik, saya pikir selama lima tahun ke depan atau lebih, dalam bab berikutnya dari perusahaan kami, saya pikir kami akan secara efektif bertransisi dari orang-orang yang melihat kami sebagai perusahaan media sosial menjadi perusahaan metaverse," kata Zuckerberg dalam wawancara.

Pemilik nama asli Mark Elliot Zuckerberg ini baru berusia 37 tahun. Tetapi sejak ia berkuliah di Harvard dan akhirnya keluar, Zuckerberg telah menunjukkan sosok jeniusnya dalam jagat teknologi. Luar biasa ya!

Tag: Mark Zuckerberg, Facebook

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Reuters