Jum'at, 24 September 2021 Portal Berita Entrepreneur

Persaingan Sengit! Dua Konglomerat India Rebutan Posisi Orang Terkaya di Asia

Foto Berita Persaingan Sengit! Dua Konglomerat India Rebutan Posisi Orang Terkaya di Asia
WE Entrepreneur, Jakarta -

Dua orang terkaya di India, Mukesh Ambani dan Gautam Adani bersaing sengit untuk menjadi yang terkaya di Asia. Belum lama ini, CEOWorld Magazine melaporkan bahwa Gautam Adani adalah orang terkaya kedua di Asia dengan kekayaan bersih USD77 miliar (Rp1.095 triliun).

Gautam berhasil mendepak posisi Zhong Shanshan, miliarder China pendiri Nongfu Spring, yang sebelumnya berada di posisi kedua orang terkaya di Asia.

Hanya dalam waktu singkat, yakni dua pekan terakhir, kekayaan Gautam Adani bertambah signifikan berkat perusahaannya, Adani Group yang membawahi Adani Entreprises, Adani Green, Adani Total Gas, Adani Power, Adani Gas, dan Adani Transmission.

Baca Juga: China Kembali Telurkan Miliarder, Pembuat Platform Rekrutmen Online Kini Berharta Rp37 Triliun

Sepanjang tahun ini, Bloomberg mencatat, kekayaan bersih Gautam Adani bertambah USD43,2 miliar. Bahkan, lonjakan kekayaan itu mengungguli Bill Gates dan Warren Buffett sepanjang 2021. 

Tetapi, Gautam Adani masih belum bisa menggeser Mukesh Ambani, sang taipan terkaya di negaranya. Mukesh Ambani adalah pemilik Reliance Industries yang kekayaannya mencapai USD84,2 miliar (Rp1.197 triliun). Perusahaannya pun menjadi perusahaan swasta terbesar di India yang masuk dalam perusahaan Fortune 500.  

Secara global, Ambani adalah orang terkaya peringkat ke-12 di dunia, sementara Gautam Adani berada di peringkat ke-14.

Tag: Mukesh Dhirubhai Ambani, Gautam Adani

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Startsunfolded/Gautam Adani