Minggu, 09 Mei 2021 Portal Berita Entrepreneur

Dunia Berduka, Penemu PDF Sekaligus Pendiri Adobe Meninggal Dunia

Foto Berita Dunia Berduka, Penemu PDF Sekaligus Pendiri Adobe Meninggal Dunia
WE Entrepreneur, Jakarta -

Penemu PDF yang juga salah satu pendiri Adobe, Charles "Chuck" Geschke, telah meninggal dunia pada usia 81 tahun. Hal tersebut diungkap langsung oleh perusahaan dalam sebuah pernyataan. Format PDF buatannya hingga hari ini masih sering dipakai lantaran memudahkan penggabungan dokumen.

“Ini adalah kerugian besar bagi seluruh komunitas Adobe dan industri teknologi, yang telah menjadi pemandu dan pahlawannya selama beberapa dekade,” kata CEO Adobe Shantanu Narayen dalam email kepada karyawan Adobe.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Forrest Li, Pendiri Shopee yang Merantau dari China ke Singapura

"Sebagai salah satu pendiri Adobe, Chuck dan John Warnock mengembangkan perangkat lunak inovatif yang telah merevolusi cara orang membuat dan berkomunikasi," tambah Narayen sebagaimana dikutip dari The Verge di Jakarta, Senin (19/4/21).

Lebih lanjut, Narayen mengungkap bahwa Chuck telah menghasilkan beragam penemuan perangkat lunak seperti PDF, Acrobat, Illustrator, Premiere Pro, dan Photoshop.

Geschke memperoleh gelar doktor dari Carnegie Mellon University di Pittsburgh. Setelah itu, ia kemudian bekerja di Xerox Palo Alto Research Center di mana dia bertemu Warnock. Mereka pun meninggalkan Xerox pada tahun 1982 dan mendirikan Adobe.

Produk pertama mereka adalah Adobe PostScript, bahasa pemrograman yang membantu meningkatkan industri penerbitan desktop.

Geschke adalah chief operating officer (CFO) Adobe dari Desember 1986 hingga Juli 1994 dan presiden Adobe dari April 1989 hingga pensiun pada April 2000. Ia juga menjabat sebagai ketua dewan di Warnock dari September 1997 hingga Januari 2017 dan menjadi anggota dewan hingga April 2020 saat menjadi anggota pengurus emeritus.

Selain kontribusinya pada industri teknologi, Geschke juga dikenal karena selamat dari upaya penculikan tahun 1992. Geschke pernah ditangkap oleh dua orang pria saat ia tiba di tempat kerja pada suatu pagi. Ia pun ditahan selama empat hari dan dua pria tersebut menuntut uang tebusan. Akhirnya, FBI pun datang dan menyelamatkan Geschke.

Istrinya, Nancy Geschke menyebut bahwa meski bangga karena telah mendirikan perusahaan besar, tetapi tetap saja fokus Chuck adalah keluarganya. Charles 'Chuck' Geschke meninggalkan istrinya yang dinikahinya selama 56 tahun, tiga orang anak, dan tujuh orang cucu.

Tag: Charles Geschke, Adobe

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Roger Ressmeyer/Corbis/VCG via Getty Images