Minggu, 09 Mei 2021 Portal Berita Entrepreneur

Profil Lengkap dan Gurita Bisnis Adiguna Sutowo, Pengusaha Kondang Sekaligus Mertua Dian Sastro

Foto Berita Profil Lengkap dan Gurita Bisnis Adiguna Sutowo, Pengusaha Kondang Sekaligus Mertua Dian Sastro
WE Entrepreneur, Jakarta -

Pengusaha Adiguna Sutowo sekaligus mertua dari aktris Dian Sastrowardoyo wafat pada hari Minggu, 18 April 2021 di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) pada pukul 04.04 WIB. Adiguna Sutowo adalah salah satu pendiri Mugi Rekso Abadi (MRA) Group yang merupakan perusahaan induk konglomerasi yang menaungi Hard Rock Cafe hingga jaringan radio Cosmopolitan.

Almarhum yang lahir di Jakarta, 31 Mei 1958 ini dahulu juga memegang izin dealer Ferrari dari PT Surya Sejahtera Otomotif. Ia juga menjalankan PT Nugra Santana Grup yang berjaya pada era 1995-1996.

Baca Juga: Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Sujatmiko Dinyatakan Lakukan Perbuatan Melawan Hukum

Seiring dengan krisis 1998, usai perusahaan tersebut redut, Adiguna kembali mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang farmasi yaitu PT Suntri Sepuri yang memproduksi antibiotik, kapsul, tablet, sirup, dan obat-obatan lainnya.

Anak bungsu dari orang tua Ibnu Sutowo dan Zaleha ini lahir dari keluarga kalangan atas. Ayahnya, Ibnu Sutowo adalah direktur utama pertama perusahaan minyak dan gas Pertamina serta pernah menjabat sebagai Menteri Urusan Minyak Gas dan Bumi Kabinet Dwikora II dan Dwikora III pada 21 Februari-25 Juli 1966.

Usai menyelesaikan studi di University of Southern California untuk belajar bisnis, Adiguna kembali ke Indonesia pada 1981. Pada tahun 1977, saat masih duduk di bangku SMA, Adiguna dengan Indriana, putri dari mantan ajudan Presiden Soeharto.

Mereka pun dikaruniai tiga orang anak. Adapun putra keduanya, Indraguna Maulana Sutowo menikah dengan aktris dan model Dian Sastrowardoyo, cucu dari tokoh kemerdekaan RI Sunario Sastrowardoyo pada tahun 2010 silam.

Lalu, pada tahun 1990, Adiguna menikah dengan Vika Dewayani dan dikaruniai dua anak, Cecile Seruni dan Herwinto.

Adiguna Sutowo terkenal lewat bisnisnya yang mencakup permesinan, perkapalan, farmasi, properti dan perhotelan, hiburan, media, otomotif, dan bahan peledak. Usai menyelesaikan studi pada 1981, Adiguna Sutowo kembali ke Indonesia dan menjadi Direktur Utama PT Adiguna Mesintani, distributor generator mesin diesel.

Kemudian, Adiguna mengelola PT Santana Petroleum Equipment dan perusahaan pelayaran PT Pelayaran Umum Indonesia (Pelumin). Adiguna dan keluarga telah lama dikenal dekat dengan Keluarga Cendana. Karena itu, tak aneh ketika Adiguna sempat bermitra dengan Tommy Suharto dan Soetikno Soedarjo di PT Mahasarana Buana (Mabua). Perusahaan yang beroperasi di Batam ini berdagang dinamit untuk keperluan industri.

Pada 1993, Adiguna mendirikan PT Mugi Rekso Abadi (MRA) bersama Soetikno Soedardjo dan Ongky Soemarmo. Ia dan Soetikno Soedardjo pun menjadi pemilik saham mayoritas franchise Hard Rock Cafe di Jakarta.

Gurita bisnis Adiguna Sutowo tak hanya itu. Ia juga memiliki Jakarta Hilton International yang kini bernama Sultan Hotel and Residence, lalu ada juga Lagoon Tower Hilton, The Hilton Residence, Patra Surabaya Hilton, dan Bali Hilton. Hotel Four Seasons dan Apartemen Four Seasons di Bali juga milik Aidguna yang kemudian ia akuisisi Regent Hotel di Kuningan, Jakarta, menjadi Hotel Four Seasons.

Tag: Adiguna Sutowo, Pengusaha

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Twitter/Jafar