Minggu, 09 Mei 2021 Portal Berita Entrepreneur

Dicuekin Investor, Mark Zuckerberg Yakin Teknologi Baru Ini Bakal Mengubah Dunia

Foto Berita Dicuekin Investor, Mark Zuckerberg Yakin Teknologi Baru Ini Bakal Mengubah Dunia
WE Entrepreneur, Jakarta -

Hampir semua pendapatan Facebook berasal dari iklan. Perusahaan yang identik dengan media sosial, dan platformnya Facebook, Instagram dan WhatsApp ini memiliki miliaran pengguna di seluruh dunia dan mendukung model bisnis margin tinggi.

Meskipun bisnis periklanan Facebook telah menjadikannya salah satu bisnis paling menguntungkan dan berharga di dunia, di masa depan CEO Facebook Mark Zuckerberg melihat perusahaannya akan berkembang menjadi perusahaan yang berbeda. Pada panggilan pendapatan kuartal keempat Facebook, Zuckerberg membagikan visinya untuk waktu dekat.

Baca Juga: Perkenalkan Istri Mark Zuckerberg: Wanita Sederhana, Setia, Lulusan Kedokteran Harvard!

"Akhirnya, mari kita bahas pekerjaan kita membangun platform komputasi berikutnya. Ini adalah salah satu bidang yang saya paling bersemangat tentang kemajuan kita menuju 2021. Jika Anda melihat sejarah komputasi, setiap 15 tahun atau lebih muncul platform besar baru yang mengintegrasikan teknologi secara lebih alami dan berada di mana-mana ke dalam kehidupan kita," ujar suami dari Priscilla Chan ini sebagaimana dikutip dari The Motley Fool di Jakarta, Rabu (31/3/21).

"Saya percaya bahwa langkah logis berikutnya di sini adalah platform komputasi imersif yang hanya memberikan rasa kehadiran yang ajaib ini, bahwa Anda benar-benar berada di sana bersama orang lain atau di tempat lain." tandasnya lagi.

Platform utama berikutnya yang dirujuk Zuckerberg adalah virtual / augmented reality (VR) dan platform Oculus di dalam Facebook. Oculus juga dikenal sebagai Facebook Reality Labs. Menurut garis waktu tersebut, kemunculan realitas virtual bisa jadi sudah sangat dekat.

Jika Zuckerberg benar, era VR seharusnya dimulai paling cepat tahun depan. Keniscayaan VR, seperti yang dilihat Zuckerberg, adalah salah satu alasan mengapa kepala Facebook ini yakin perusahaannya dan Apple berada di jalur tabrakan dalam perangkat keras.

Facebook Reality Labs adalah divisi dari raksasa media sosial yang dikhususkan untuk pengalaman virtual dan augmented reality. Dalam lima laboratorium realitasnya di seluruh dunia, para insinyur Facebook sedang mengembangkan teknologi dan pengalaman yang membayangkan dunia di mana "sepasang kacamata yang ringan dan bergaya" akan menggantikan perangkat seperti komputer atau smartphone.

Sehingga dapat menghilangkan lapisan dalam interaksi manusia-komputer dan penghalang untuk berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini memungkinkan Anda untuk merasa hadir secara fisik meski Anda jauh.

Penerapan teknologi semacam itu sangat luas, termasuk pelatihan kerja, pendidikan, permainan, olahraga, rapat kerja, atau sekadar berbagi pengalaman dengan teman.

Sayangnya, investor masih ragu. Karena Oculus dan investasi Facebook lainnya dalam VR dan AR (augmented reality) masih belum begitu dilirik. Facebook terlalu lekat dengan bisnis periklanan.

Masih terlalu dini untuk mengatakan apa yang akan terjadi pada Oculus dan Facebook Reality Labs, tetapi pandemi telah mengubah persepsi tentang alat tersebut, dan meningkatkan perangkat lunak konferensi video seperti Zoom ke status utilitas.

Zuckerberg sendiri tampaknya berpikir platform tersebut memiliki potensi untuk menjadi 'iPhone' berikutnya, dan ini jelas merupakan proyek gairah baginya.

"Ini akan membuka jenis pengalaman sosial yang saya impikan tentang membangun sejak saya seorang anak kecil." ujarnya kepada investor.

Tag: Facebook, Mark Zuckerberg

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Twitter/kentronix_yt