Selasa, 11 Mei 2021 Portal Berita Entrepreneur

Fintech Jack Ma Makin Panas, CEO Ant Group Mundur dari Jabatan!

Foto Berita Fintech Jack Ma Makin Panas, CEO Ant Group Mundur dari Jabatan!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Anak buah Jack Ma, Simon Hu mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO Ant Group. Ant merupakan perusahaan finansial teknologi milik Ma yang beberapa bulan terakhir mendapat pengawasan ketat dari pemerintah China.

Dilansir dari CNN International di Jakarta, Senin (15/3/21) Simon Hu memutuskan untuk mundur dari Ant setelah perusahaan fintech tersebut diminta untuk membatalkan rencana pencatatan saham perdana (IPO) oleh pemerintah setempat.

"Jajaran direksi Ant Group telah menerima permintaan pengunduran diri Simon Hu, dengan alasan pribadi," ujar juru bicara untuk Alibaba.

Baca Juga: Hanya Muncul Satu Kali Usai Menghilang, Perjalanan Jack Ma Lewat Jet Pribadinya Terungkap!

"Kami berterimakasih kepada upaya yang telah dilakukan Simon untuk perusahaan kami," tambah juru bicara tersebut.

Posisi yang dilepas oleh Simon kini diambil alih oleh Chairman Ant Group Eric Jing. Jing sebelumnya sempat menduduki posisi sebagai CEO pada tahun 2016 hingga 2019. Untuk diketahui, Ant Group terkenal berkat aplikasi pembayaran Alipay, yang memiliki lebih dari 700 juta pengguna aktif setiap bulan.

Selama ini, Ant Group tumbuh tanpa campur tangan pemerintah. Namun, Ant Group pun mendapat pengawasan ketat usai Jack Ma mengkritik pemerintah China. Kini, Ant harus berafilisasi dengan Partai Komunis China dan meminta perusahaan untuk merombak bisnisnya.

Selain Ant Group, pemerintah China juga melakukan pemeriksaan anti monopoli terhadap Alibaba. Pemerintah setempat turut mengatakan bahwa Ant Group akan berperilaku lebih seperti institusi perbankan ketimbang sebagai perusahaan teknologi.

Tag: Jack Ma, Ant Group

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: LinkedIn