Sabtu, 17 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

Duitnya Gak Berseri! Elon Musk Nego Pejabat untuk Bangun Kota Sendiri di Texas

Foto Berita Duitnya Gak Berseri! Elon Musk Nego Pejabat untuk Bangun Kota Sendiri di Texas
WE Entrepreneur, Jakarta -

Miliarder Elon Musk tengah mempersiapkan untuk membangun kota bagi perusahaannya sendiri, SpaceX. Kota tersebut akan diberi nama "Starbase" di sekitar situs peluncuran perusahaan pembuat roket itu di kawasan Texas tenggara.

Dilansir dari New York Post di Jakarta, Kamis (4/3/21) dalam serangkaian posting Twitter tentang rencananya, taipan teknologi miliarder itu mengatakan kota itu akan mencakup area yang jauh lebih besar daripada Boca Chica, desa tepi laut yang tempat SpaceX membangun fasilitas roketnya yang besar.

Baca Juga: Dicari 8 Orang untuk Temani Miliarder Jepang Keliling Bulan Bareng Roket Elon Musk, Kamu Berminat?

Pejabat di Texas 'Cameron County, yang mencakup Boca Chica, mengonfirmasi bahwa SpaceX telah mendekati mereka tentang memasukkan Starbase sebagai kota dalam beberapa hari terakhir.

Tetapi perusahaan yang berbasis di California itu masih harus mengikuti serangkaian langkah birokrasi untuk mewujudkan rencana tersebut.

"Jika SpaceX dan Elon Musk ingin menempuh jalan ini, mereka harus mematuhi semua undang-undang penggabungan negara bagian," ujar Hakim Wilayah Cameron Eddie TreviƱo, pejabat tinggi daerah, dalam sebuah pernyataan. "Cameron County akan memproses petisi yang sesuai sesuai dengan hukum yang berlaku."

Untuk membuat kota baru, SpaceX harus meminta penduduk setempat untuk menandatangani petisi yang akan diserahkan kepada hakim daerah, yang kemudian akan memerintahkan pemilihan tentang apakah kotamadya harus dimasukkan, menurut Texas Municipal League. Jika pemilu berhasil, kota akan memiliki kekuatan untuk membuat undang-undang dan peraturan lainnya sendiri.

SpaceX secara efektif mengambil alih sebagian besar Boca Chica, sebuah komunitas kecil yang terletak di pantai Teluk Meksiko dan sekitar dua mil di utara Rio Grande.

Perusahaan ini memulai fasilitas peluncurannya pada tahun 2014 dan mulai menguji roket di sana pada tahun 2019. Seiring dengan kemajuan proyek tersebut, SpaceX secara bertahap membeli sebagian besar dari tiga lusin rumah Boca Chica, meskipun beberapa pemilik rumah telah menolak untuk menjualnya pada akhir tahun lalu.

Keinginan Musk untuk membuat kotanya sendiri adalah sebuah tanda bahwa dia akan menetap di Texas. Dia pindah ke Lone Star State dari California tahun lalu dan pembuat mobil listriknya, Tesla, berencana untuk membangun pabrik di Austin.

SpaceX juga berencana membangun fasilitas baru di Austin untuk mendukung pertumbuhan layanan internet satelit Starlink.

Tag: Elon Musk, SpaceX

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Instagram/elonrmuskk