Sabtu, 17 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

Hanya Jualan Nasi, Dennis Hadi Sukses Jadi Pengusaha hingga Miliki 400 Karyawan, Apa Rahasianya?

Foto Berita Hanya Jualan Nasi, Dennis Hadi Sukses Jadi Pengusaha hingga Miliki 400 Karyawan, Apa Rahasianya?
WE Entrepreneur, Jakarta -

Youtuber Rico Huang menggandeng pendiri HadiKitchen, Dennis Hadi. Selain bisnis katering sehat HadiKitchen, Dennis juga memiliki Positive Wear yakni pakaian olahraga dan Salad Bar yang merupakan lini bisnis HadiKitchen. Selain itu, Dennis Hadi juga memiliki gym. Dari semua bisnis yang dimiliki, Dennis memiliki lebih dari 400 karyawan di usia yang baru 26 tahun.

Meski memiliki ikatan keluarga dengan Sandra Dewi, kenyataannya kehidupan Dennis tak semulus yang terlihat. Orang tua Dennis bukanlah pebisnis, tulang punggung keluarganya adalah sang ibu yang bekerja di bank.

Meski bukan orang kaya, tetapi hidup Dennis dan keluarganya berkecukupan. Setelah itu, Dennis pun ikut ibunya bekerja di bank.

Baca Juga: Hartanya Rp54,8 M, Ini Deretan Bisnis Milik Bobby Nasution, Menantu Jokowi yang Jadi Wali Kota Medan

Hingga suatu hari, keadaan harus membuat ibu Dennis berutang Rp2 miliar untuk biaya pengobatan orang tua, nenek dari Dennis yang harus cuci darah dan kakeknya yang kecelakaan sehingga mengharuskan operasi.

Di saat Dennis dan adiknya, Daniel asyik berfoya-foya menggunakan kartu kredit ibunya, Dennis tak menyangka bahwa ibunya tengah kesulitan. Dari situlah Dennis berpikir bahwa ia harus bekerja, ia harus memulai sesuatu hingga lahirlah HadiKitchen.

Sayangnya, bisnis katering sehat yang dijalankan Dennis bukanlah hal mudah. Ia sampai mengemis ke teman-temannya untuk mencoba makanan katering yang dibuat oleh Dennis.

Dennis memang tak memiliki background memasak, tetapi ia kerap memasak masakan sehat untuk dirinya sendiri karena ia sangat hobi berolahraga di gym sembari mengonsumsi makanan sehat. Ibu Dennis pun ikut membantu bisnis ini dengan menawarkan ke teman-teman kerjanya.

Dennis sendiri mengaku kesulitan saat bisnis tersebut baru berjalan karena semuanya ia lakukan sendiri. Mulai dari memasak, memasarkan, hingga membuat konten sosial media. Bahkan, saat memulai HadiKitchen, Dennis masih bekerja di bank. Dennis sendiri mengaku saking pusingnya ia handle semua sendirian, ia sampai menangis dan akhirnya disarankan oleh kekasihnya, yang saat ini telah menjadi istrinya, untuk merekrut karyawan. Barulah Dennis merekrut satu admin.

Selama delapan bulan bisnis tersebut berjalan, semua dilakukan sendiri oleh Denies, kecuali memasak, Dennis sudah merekrut chef.

Masalah pun berlanjut dari karyawan pertama Dennis, ia mencuri handphone dan laptop. Namun, Dennis tak menyerah, semua itu ia jadikan pengalaman berharga.

Saat Dennis memutuskan resign dari bank, semua keluarganya bahkan kekasihnya saat itu mengatakan bahwa sebaiknya ia memiliki pendapatan tetap. Namun, karena keyakinannya, ia pun tetap melanjutkan bisnis katering sehat ini dengan serius hingga sukses sampai sekarang. Dennis ingin membuktikan bahwa mereka salah, kepercayaannya lah yang menang.

Selain itu, berkat bisnis ini pula 400 karyawannya bisa hidup lebih baik. Dari yang tidak memiliki rumah jadi bisa membeli rumah, bisa menyekolahkan anak, dan lain sebagainya.

Dari situ Dennis semakin yakin untuk terus maju dengan bisnis ini karena masa depan 400 karyawannya ada bersamanya.

Dennis pun membagikan resep suksesnya membesarkan HadiKitchen hanya dalam waktu 2,5 tahun. Dennis mengatakan kekuatan dari brand HadiKitchen yaitu ada pada personal branding dirinya sendiri. Selain itu juga pada kekuatan Story Telling. Strategi marketing yang baik menurut Hadi adalah Story Telling.

Saran dari Hadi untuk memulai berbisnis sejatinya adadalah sedini mungkin. Terlebih kalau masih kuliah, masih tinggal dengan orang tua, masih dimasakin orang tua, alangkah lebih nyamannya untuk memulai bisnis di masa itu. Jikalau serius, maka bisa menjadi sumber pendapatan yang besar dikemudian hari.

Tag: Dennis Hadi, Pengusaha

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Instagram/Dennis Hadi