Kamis, 22 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

Musim Dingin Ekstrem Sebabkan Banyak Kematian, Ini Solusi Cemerlang dari Bill Gates!

Foto Berita Musim Dingin Ekstrem Sebabkan Banyak Kematian, Ini Solusi Cemerlang dari Bill Gates!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Miliarder Bill Gates baru-baru ini mengatakan bahwa sejatinya kematian akibat musim dingin ekstrem di Texas dapat dicegah. Hal ini disebabkan oleh keputusan negara bagian untuk tidak mengurangi energinya.

Gates bahkan membantah klaim Gubernur Texas Greg Abbott bahwa turbin angin yang membeku adalah penyebab kegagalan listrik besar-besaran. Menurut Gates, ketergantungan Amerika pada sumber energi terbarukan tidak cukup tinggi untuk mengkhawatirkan stabilitasnya. Masalahnya adalah pembangkit listrik gas alam yang tidak lapuk.

Baca Juga: Bill Gates Ungkap Tenaga Nuklir Lebih Aman untuk Bumi, Serius Nih? Simak Penjelasannya!

"Ini bukan karena ketergantungan yang dapat diperbarui," kata Gates sebagaimana dikutip dari CNN International di Jakarta, Jumat (26/2/21).

"Ini adalah pabrik gas alam, sebagian besar, yang tidak lapuk. Bisa saja terjadi. Ini membutuhkan uang, dan pertukaran telah dilakukan, dan tidak berhasil, dan tragis bahwa hal itu menyebabkan orang sekarat."

Dia berargumen bahwa karena perubahan iklim adalah akar penyebab dari kejadian cuaca ekstrim, energi hijau harus menjadi masa depan untuk mencegah bencana yang lebih buruk daripada yang terjadi sekarang di seluruh dunia.

"Sungguh ironis untuk menyalahkan energi terbarukan dan tidak menyadari bahwa harus berurusan dengan ini kecuali kita membuat seluruh dunia mengurangi emisi," kata Gates.

Dunia membutuhkan terobosan besar-besaran, dan Gates sedang mencarinya. Dia mengatakan dia menghadapi banyak jalan buntu dalam investasinya yang memiliki tingkat kegagalan 80%.

"Tingkat keberhasilan 20% ketika Anda membatasi diri pada hal-hal yang memiliki manfaat iklim yang dramatis, itu akan sangat mengesankan," kata Gates. "Saya pikir kami akan mencapainya, tapi itu sangat sulit."

Gates melihat masa depan di mana 80% energi dunia berasal dari angin dan matahari dan 20% sisanya berasal dari energi nuklir. Dia menggunakan Texas sebagai contoh. Pembekuan yang dalam mengurangi kemampuan untuk menggunakan energi angin, sehingga negara harus meningkatkan energi nuklir atau menarik dari penyimpanan.

Di bidang politik, Gates mengatakan tim energi terobosannya sedang dalam pembicaraan dengan pemerintahan Presiden Biden, dan kebijakan itu membutuhkan inovasi sebanyak teknologi.

Tag: Bill Gates, Perubahan Iklim

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Instagram/thisisbillgates