Kamis, 22 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

Diam-diam Jago Bisnis, Begini Kisah Handika Pratama Dirikan Event Organizer Beromzet Miliaran

Foto Berita Diam-diam Jago Bisnis, Begini Kisah Handika Pratama Dirikan Event Organizer Beromzet Miliaran
WE Entrepreneur, Jakarta -

Youtuber sekaligus pengusaha Rico Huang menggandeng Handika Pratama, artis tanah air yang memiliki beragam binis seperti Event Organizer Chikara, Cafe Tanpa Nama dan clothing line Mr. D. Meski karirnya terkenal di dunia hiburan, tetapi bisnis justru menjadi salah satu sumber terbesar pendapatannya. Hal itu tertuang dalam video YouTube bertajuk "Ga Jadi Nikah ! Ini Cara Handika Pratama Fokus Mengejar Masa Depan".

Bisnis event organizer Handika Pratama dimulai pada tahun 2009, awalnya ia hanya ingin menyalurkan hobi pada fotografi. Hingga suatu hari, Handika menjadi brand ambassador pada suatu brand, lalu ia menawarkan diri agar bayaran yang ia terima lebih murah tetapi promosi dilakukan menggunakan event organizer-nya. Akhirnya kesepakatan pun tercapai dan event berlangsung di 17 kota.

Baca Juga: Dulu Hanya Makan Nasi Garem, Danu Sofwan Kini Juragan Cendol 800 Cabang hingga ke Hong Kong

Meski saat itu Handika sebenarnya belum siap, tetapi justru acara tersebut sukses karena Handika yakin dengan timnya yang memiliki background di advertising.

Adapun pendapatan pertama Handika dalam event organizer itu dari satu kota saja mencapai Rp150 juta, itu berarti 17 kota mencapai lebih dari Rp2 miliar. Handika sendiri mengaku kaget dengan pencapaian serta pendapatan tersebut.

Namun, keuntungan tersebut tak serta merta digunakan untuk foya-foya. Melainkan digunakan untuk investasi seperti sewa ruko yang lebih besar, pembentukan tim dan mulai merekrut orang.

Handika yang terlihat berani karena memang diajarkan oleh ayahnya. Ayahnya pernah berkata, "Cari duit memang pakai duit, apalagi kalau mau ekspansi," ujarnya.

Handika pun tak ingin hanya menunggu perusahaan mengajukan suatu acara melalui event organizer-nya. Karena itu, setelah 4 tahun EO ini berjalan, Handika merasa dirinya harus membuat program. Ia tak bisa terus menunggu 'bola'.

Hingga pada tahun 2015, Handika memecahkan telur programnya setelah beberapa kali keluar negeri untuk melihat event-event besar di negara Thailand hingga China. Bahkan, event tersebut masih berjalan hingga tahun 2020.

Sebelum corona menyerang, Handika bisa mengurus 13 event dalam seminggu. Karena itu, Handika memiliki tim yang juga dari outsourcing. Adapun peserta event tersebut bisa mencapai 3000-5000 orang.

Brand Chikara Event Organizer ini tak terlalu terkenal padahal kerap dipakai oleh Raisa, Isyana hingga Ari Lasso. Tetapi, Handika sendiri merasa tidak masalah karena memang acara yang dipegang oleh Chikara terkadang memasang brand lain karena ia sudah bangga menjadi orang di balik layar acara tersebut.

Event organizer Handika sendiri sudah kerja sama dengan beberapa mall besar. Bahkan, mall tersebut sudah melakukan booking untuk satu tahun.

Strategi dari EO Handika ini adalah ia percaya bahwa ada harga, ada rupa. Handika memang tidak mematok harga, tetapi ia sesuaikan dengan bajet dari klien.

Meski bisnis EO sangat terdampak pandemi, tetapi Handika tidak merumahkan karyawannya. Ia tetap akan membuat event virtual seperti konser, dan lain sebagainya.

Selain bisnis EO, Handika juga memiliki bisnis clothing line yang langsung sukses besar hingga membuatnya kaget. Saat itu sedang berlangsung event yang dihadiri oleh ratusan ribu orang. Handika hanya membawa 150 baju yang langsung habis dalam waktu 3 hari, padahal acara tersebut berlangsung dalam 5 hari.

Hal ini karena Handika sempat memakai baju tersebut di televisi yang memiliki desain 'galau' seperti Korban PHP, Terserah, dll. Karena itulah Handika langsung membuat event clothing line dan sukses hingga meraup Rp400 juta.

Dalam berbisnis, Handika menyarankan orrang-orang agar tidak takut jatuh. Pasalnya, binis memang pasang surut, ada saatnya berjuang dan untung. Yang terpenting adalah memasang strategi yang tepat dan cerdas mengambil peluang serta menjual produk yang bagus.

Tag: Handika Pratama, Bisnis

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Instagram/Handika Pratama