Selasa, 18 Mei 2021 Portal Berita Entrepreneur

Pandemi Berikutnya 10x Lebih Buruk, Bill Gates: Manusia Tidak Siap untuk Itu

Foto Berita Pandemi Berikutnya 10x Lebih Buruk, Bill Gates: Manusia Tidak Siap untuk Itu
WE Entrepreneur, Jakarta -

Bill Gates memperingatkan bahwa pandemi berikutnya bisa 10 kali lebih buruk dari Covid-19. Ia bahkan melihat umat manusia tidak siap untuk itu. Gates bersikeras bahwa orang0orang harus belajar dari pandemi Covid-19.

Menurut miliarder tersebut, dunia dan manusia tidak siap untuk pandemi berikutnya. Meski demikian, Gates berharap situasi ini akan berubah dalam beberapa tahun dan menunjukkan peluang seperti obat-obatan, tes, vaksin, epidemiologi, dan respon terhadap pandemi bisa lebih baik.

"Pandemi ini buruk, tetapi pandemi di masa depan bisa 10 kali lebih serius," kata tokoh terkemuka itu, yang dikutip dari Entrepreneur di Jakarta, Jumat (5/2/21).

Baca Juga: Proyek Terbaru Bill Gates: Meredupkan Matahari, Mendinginkan Bumi

Gates mendesak pemerintah untuk melindungi warganya dari kemungkinan penyakit baru. Di sisi lain, Bill Gates yang hobi filantropi ini mengatakan bahwa jika pandemi ini sudah berkembang lima tahun lalu, dunia tidak akan memiliki vaksin dalam waktu yang sesingkat itu.

Namun kini, kita memberi selamat kepada para ilmuwan karena telah mencapai kemajuan pesat dalam pengembangan vaksin. Dia juga meminta para penguasa untuk menghindari nasionalisme vaksinasi dan mendistribusikan vaksin secara adil.

Ini bukan pertama kalinya Gates memperingatkan penyakit di masa depan, dalam wawancara dengan Financial Times melalui Skype pada 2 April 2020, pengusaha mengatakan bahwa pandemi virus Corona ini adalah peristiwa terbesar yang akan dialami banyak orang sepanjang hidupnya, dan Gates mencegah wabah virus serupa kemungkinan akan terjadi setiap 20 tahun atau lebih.

Sama halnya dalam sebuah postingan di blog yayasannya bersama sang istri, Melinda, miliarder tersebut mengatakan, sayangnya pandemi COVID-19 mungkin bukan pandemi terakhir.

"Kami tidak tahu kapan yang berikutnya akan tiba, atau apakah itu akan menjadi flu, virus corona atau penyakit baru yang belum pernah kami lihat sebelumnya. Tapi yang kita tahu adalah kita tidak bisa membiarkan diri kita lengah lagi. Ancaman pandemi berikutnya akan selalu berada di atas kepala kita, kecuali dunia mengambil langkah-langkah untuk mencegahnya." ujarnya.

Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk mencegah pandemi berikutnya menurut Bill Gates?

"Dunia perlu menggandakan investasi dalam R&D (penelitian dan pengembangan)," serta mengembangkan kemampuan yang sama sekali baru dan belum pernah ada.

Gates menjelaskan bahwa menghentikan pandemi berikutnya akan membutuhkan pengeluaran puluhan miliar dolar setahun. Meski demikian, angka tersebut tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan perkiraan pengeluaran global untuk pandemi COVID-19 sekitar 28 triliun dolar.

Salah satu pendiri Microsoft ini mendorong pemerintah untuk terus berinvestasi dalam alat ilmiah yang membantu kita dalam krisis saat ini bahkan setelah pandemi COVID-19 berlalu.

Terakhir, Gates berharap dalam beberapa tahun mendatang bahwa platform diagnosis besar dapat dikembangkan, yang dapat mendiagnosis hingga 20% populasi setiap minggunya.

Tag: Bill Gates, Virus Corona, Covid-19, Pandemi

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Reuters/Arnd Wiegmann