Selasa, 13 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

Miliarder Ini Sudah Peringatkan Cryptocurrency Bakal Jatuh!

Foto Berita Miliarder Ini Sudah Peringatkan Cryptocurrency Bakal Jatuh!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Setelah reli besar-besaran, nilai pasar cryptocurrency merosot pada hari Senin hingga lebih dari USD200 miliar. Bitcoin sebagai cryptocurrency terbesar, turun lebih dari 12% dalam sehari, dan Ether, cryptocurrency terbesar kedua, turun 23%.

Bahkan ketika harga bitcoin mencapai rekor tertinggi lebih dari USD41.000 pada hari Jumat, mereka yang waspada memperingatkan bahwa cryptocurrency mungkin akan jatuh seperti yang terjadi pada tahun 2017. Mereka juga menyamakannya dengan gelembung pasar.

Dilansir dari CNBC Make It di Jakarta, Selasa (12/1/21) miliarder Mark Cuban sendiri membandingkan pasar mata uang kripto saat ini sama dengan ledakan gelembung dot-com di awal tahun 2000-an, yang disebabkan oleh spekulasi di saham internet yang belum terbukti.

Baca Juga: Cryptocurrency Menggila, Orang Terkaya Dunia Elon Musk Ikhlas Dibayar Pakai Bitcoin

"Menyaksikan perdagangan cryptos, ini PERSIS seperti gelembung saham internet," cuit Cuban, investor di Shark Tank ABC dan pemilik Dallas Mavericks.

"Seperti selama gelembung dot-com, 'para ahli' mencoba untuk membenarkan apa pun harga saat ini," tambah Cuban.

Meski demikian, menurut Cuban, Bitcoin dan Ether mirip dengan perusahaan yang dibangun selama era gelembung dot-com yang selamat dari ledakan gelembung dan berkembang pesat.

Meskipun Cuban sendiri sebelumnya telah berinvestasi dalam cryptocurrency, bahkan bitcoin, dia sering memperingatkan dengan menyebut bitcoin sebagai pertaruhan.

Sementara itu, para penggemar bitcoin mengatakan bahwa itu adalah lindung nilai terhadap inflasi dan dolar AS. Disebutkan pula bahwa bitcoin akan bertahan dari keruntuhan ekonomi atau infrastruktur, serta lebih baik dari emas. Hal ini karena pasokan bitcoin dibatasi oleh desainnya, bulls bitcoin mengatakan harganya akan naik seiring dengan meningkatnya permintaan.

Untuk argumen itu, Cuban mengatakan justru crypto seperti emas yang didorong oleh penawaran dan permintaan. Namun, semua narasi tentang penurunan nilai, fiat, dll. Hanyalah promosi penjualan. Promosi penjualan terbesar adalah kelangkaan vs. permintaan, ujar Cuban di Twitter.

Pada bulan Desember, Cuban mengatakan kepada Forbes bahwa bitcoin adalah penyimpan nilai yang lebih mirip dengan agama daripada solusi untuk masalah apa pun. Baik bitcoin maupun cryptocurrency tidak akan menggantikan fiat, atau mata uang yang didukung pemerintah, ujarnya.

Cuban kembali mengingatkan bahwa sepanjang perjalanan akan ada banyak kekayaan yang dibuat menghilang. Saran Cuban adalah pelajari cara melakukan lindung nilai atau mengimbangi potensi kerugian investasi, seperti yang berhasil dilakukannya selama ledakan dot-com.

"Jika Anda mengakumulasi hutang yang tidak mampu Anda bayar kembali dengan berinvestasi dalam crypto, saham, atau mata uang lain, bagaimanapun, Anda bodoh," tweet Cuban. "Ada [99%] kemungkinan Anda akan kehilangan SEMUANYA. Kisah bencana pribadi dibangun di atas pengaruh." cuit Cuban.

Tag: Cryptocurrency, Mark Cuban, Bitcoin

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Twitter/build_credit