Senin, 25 Januari 2021 Portal Berita Entrepreneur

Warren Buffett Komentari Sosok Kandidat Menkeu AS Janet Yellen, Apa Katanya?

Foto Berita Warren Buffett Komentari Sosok Kandidat Menkeu AS Janet Yellen, Apa Katanya?
WE Entrepreneur, Jakarta -

Miliarder investor Warren Buffett ikut buka suara atas penunjukan eks Chairman The Fed, Janet Yellen sebagai Menteri Keuangan AS di bawah naungan Presiden AS Terpilih Joe Biden. Rupanya, pandangan Buffett cukup positif. Ia bahkan memuji Yellen.

Dilansir dari Business Insider di Jakarta, Kamis (26/11/2020) sebagaimana diketahui, sang CEO Berkshire Hathaway ini pernah memuji Yellen usai mengambilalih sebagai Ketua bank sentral AS, The Federal Reserve (the Fed) pada tahun 2014.

Baca Juga: Janet Yellen Jadi Kandidat Menteri Keuangan AS

Tahun itu, Buffett mengatakan bahwa pendahulu Yellen, Ben Bernanke melakukan pekerjaan ahli dalam mengenali tingkat keparahan krisis keuangan serta mengambil tindakan yang apik untuk mengatasinya.

"Dari semua yang saya lihat tentang Janet Yellen, saya merasakan hal yang sama tentang dia," ujarnya.

Yellen pun diasumsikan bakal fokus merangsang ekonomi AS yang terguncang serta mengatasi pengangguran yang semakin meningkat akibat pandemi virus corona. Hal ini mengingat Yellen memiliki latar belakang sebagai ekonom di bidang tenaga kerja. Buffett pun kemungkinan akan mendukung usaha Yellen.

Hal ini terlihat dari acara yang diselenggarakan untuk usaha kecil pekan lalu. Kala itu, Buffett memuji The Fed karena mengambil tindakan cepat untuk menopang pasar saat pandemi melanda. Ia juga memuji bagaimana Kongres AS menawarkan bantuan keuangan kepada setiap rumah tangga dan berbagai usaha yang terdampak Covid-19.

Selain itu, Buffett juga meminta pemerintahan Biden untuk memberi lebih banyak bantuan untuk usaha kecil yang terdampak pandemi. Yellen juga sempat mengungkap keprihatinan soal tingkat ketidaksetaraan pendapatan bagi masyarakat di AS pada tahun 2014.

Karena itulah, kini usai ditunjuk sebagai menteri keuangan, Yellen mungkin akan mendorong kebijakan yang fokus pada pendistribusian kembali pendapatan secara lebih adil.

Tag: Warren Edward Buffett, miliarder, Amerika Serikat (AS)

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: REUTERS/Lucas Jackson