Minggu, 21 Juli 2024 Portal Berita Entrepreneur

Miliarder Ray Dalio Ungkap Perbedaan Elite Global dengan Orang Biasa, Apa Itu?

Foto Berita Miliarder Ray Dalio Ungkap Perbedaan Elite Global dengan Orang Biasa, Apa Itu?
WE Entrepreneur, Jakarta -

Miliarder hedge fund Ray Dalio telah menghabiskan waktu bertahun-tahun mempelajari kebiasaan dan kepribadian para pemimpin sukses. Faktanya, ia telah mewawancarai dan melakukan tes kepribadian selama satu jam kepada para elite global seperti Elon Musk hingga Bill Gates.

Dilansir dari CNBC Make It di Jakarta, Rabu (18/11/2020) Dalio pun akhirnya bisa melihat benang merah dalam kepribadian para pemimpin ini.

Baca Juga: Ramalan Bill Gates: Perjalanan Bisnis Akan Hilang 50% Bahkan Setelah Pandemi Usai

“Seringkali, Anda memiliki orang-orang dengan imajinasi tidak cukup praktikal, dan orang-orang yang praktikal tetapi imajinasinya tidak banyak,” kata Dailo. "Orang-orang seperti Musk dan Gates memiliki kedua hal itu." tambahnya.

"Mereka dengan penuh semangat, berkomitmen teguh untuk membuat penemuan,” katanya.

Dalio memberi contoh bagaimana cara belajar dan keingintahuan CEO Tesla Elon Musk. Sebagaimana diketahui, Musk hanya mengeluarkan modal sekitar USD100 juta usai keluar dari PayPal tahun 2001 dan meluncurkan SpaceX. Musk harus belajar tentang peroketan untuk meluncurkan perusahaan kedirgantaraan. Hal ini sejalan dengan minatnya dalam membangun pemukiman manusia di Mars.

Dalio pun kagum ketiga mengetahui bahwa Musk sama sekali tak tahu tentang hal itu. Musk baru belajar mengenai bisnis yang akan dia jalani saat ia sudah memulainya. Kini, imajinasinya membawanya ke sesuatu yang kita kenal sebagai SpaceX.

Sama halnya seperti Bill Gates. Miliarder teknologi ini menghabiskan puluhan tahun mempelajari masalah kesehatan masyarakat untuk menginformasikan upaya filantropisnya dengan Bill & Melinda Gates Foundation, yang telah mendistribusikan lebih dari USD50 miliar.

Dana sebanyak itu digunakan untuk Organisasi Kesehatan Dunia dan UNICEF yang didedikasikan untuk meneliti penyakit dan memerangi kelaparan serta kemiskinan global. Gates juga berkomitmen lebih dari USD400 juta untuk menghentikan pandemi Covid-19.

Musk dan Gates mengandalkan pengetahuan para ahli, seperti Musk yang mempekerjakan banyak ilmuwan dan insinyur roket untuk membangun roket SpaceX, Gates Foundation mengandalkan berbagai ilmuwan, dokter, dan pakar kesehatan masyarakat yang berfungsi sebagai penasihat organisasi nirlabanya.

Dalio juga mengatakan, orang-orang dengan kualitas kepemimpinan seringkali kreatif, sistematis dan praktis secara bersamaan. Mereka tegas, berpikiran terbuka pada saat yang sama. Apakah kamu memiliki kriteria ini semua?

Tag: Ray Dalio, Bill Gates, Elon Musk

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: REUTERS/Brian Snyder