Jum'at, 16 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

7 Fakta Mengejutkan Kolonel Sanders, Pendiri KFC yang Pernah Jadi Tukang Ban

Foto Berita 7 Fakta Mengejutkan Kolonel Sanders, Pendiri KFC yang Pernah Jadi Tukang Ban
WE Entrepreneur, Jakarta -

Gerai KFC masih mendunia hingga hari ini. Wajah Kolonel Sanders, sang pendiri pun masih terpampang nyata. Berbagai kerja kerasnya membuahkan hasil yang sangat manis hingga KFC menjadi restoran cepat saji yang digemari.

Namun, ternyata ada banyak kisah yang tak terungkap di balik kerja keras Sanders. Berikut 7 fakta mengejutkan Kolonel Sanders yang dikutip dari History di Jakarta, Jumat (6/11/2020)!

Baca Juga: Indomie hingga KFC, Ini 6 Kerajaan Bisnis Salim Group Sang Penguasa Pasar Makanan Indonesia

1. Sanders membuka restoran pertamanya di pompa bensin

Pemilik nama asli Harland David Sanders ini sebelum membuka restoran pertamanya, dulu ia hanyalah seorang pekerja serabutan. Ia pernah menjadi buruh, agen asuransi hingga penjual ban.

Lalu, ia pun pertama kali menyajikan makanan kepada pengemudi truk di meja makan tua yang ia bawa ke depan bengkelnya di Corbin, Kentucky, pada tahun 1930. Saat itu, masih belum ada ayam goreng KFC. Orang-orang biasa makan ham dan steak yang terbukti sangat populer di negaranya.

Ia pun membuka Sanders 'Café di seberang jalan dan mulai menyajikan ayam goreng dalam wajan besi. Kritikus makanan Duncan Hines memasukkan restoran itu ke dalam panduan street food tahun 1935, dan di sanalah pada tahun 1939 sang kolonel menggunakan panci presto untuk menyempurnakan ayam gorengnya yang dilapisi dengan resep rahasianya berupa 11 bumbu dan rempah-rempah.

2. Menembak saingan bisnisnya

Sanders merupakan pribadi yang pemarah. Pernah ia mengeluarkan pistol ketika ia melakukan taktik pemasaran yang agresif hingga membuat marah Matt Stewart, yang mengoperasikan pompa bensin Standard Oil di dekatnya.

Saat itu, Stewart sedang mengecat salah satu tanda iklan restoran Sanders untuk kedua kalinya, Sanders pun marah dan bergegas ke tempat kejadian bersama dua eksekutif Shell. Stewart pun mengeluarkan pistol dan secara fatal menembak manajer distrik Shell, Robert Gibson.

Sanders membalas tembakan dan melukai Stewart di bahu. Setalahnya, Stewart dijatuhi hukuman 18 tahun penjara karena pembunuhan, tetapi dakwaan tersebut dibatalkan.

3. Memiliki gelar kolonel kehormatan

Sanders mengaku memalsukan tanggal lahirnya untuk mendaftar di Angkatan Darat AS pada 1906, ia pun bertugas di Kuba selama beberapa bulan sebelum diberhentikan dengan hormat. Pada 1935, Gubernur Kentucky Ruby Laffoon mengeluarkan dekrit seremonial memberikan gelar "Colonel" kepada Sanders.

Ini disebabkan semua orang membicarakan ayam goreng buatannya. Pada 1949, dia menggunakan gelar "Colonel" dan terus melekat sampai sekarang. Setelah itu, dia menumbuhkan rambut di sekitar wajah dan pakaian putih sebagai ikon yang khas.

4. Riwayat hidup yang panjang dan berliku

Kehidupan Sanders sebelum sukses sangat panjang dan berliku. Namun, ia berhasil menjemput kesuksesan di usia 60 tahun.

Saat ia masih muda, ia bekerja sangat keras sebagai buruh tani dan kondektur trem sebelum bekerja untuk perusahaan kereta api di Selatan. Dia juga pernah mengoperasikan feri kapal uap yang melintasi Sungai Ohio antara Kentucky dan Indiana, dan dia menjual asuransi jiwa dan ban mobil. Selama berada di Corbin, Sanders bahkan membantu melahirkan bayi.

"Tidak ada orang lain yang melakukannya," kenang Sanders dalam otobiografinya. “Para suami tidak mampu membayar dokter saat istrinya hamil.”

5. Waralaba KFC pertama

Ayam goreng sang kolonel pertama kali menjadi makanan cepat saji di lokasi yang tidak terduga yaitu di Salt Lake City, Utah. Di sanalah pada tahun 1952 Pete Harman, seorang teman Sanders yang menjalankan salah satu restoran terbesar di kota, menjadi pewaralaba pertama sang kolonel.

Menurut Ozersky, restoran Harman memelopori wadah ember yang terkenal dan menggunakan julukan "Kentucky Fried Chicken". Secara cepat, KFC pun hadir sebagai spesialisasi regional pada menu di Utah tahun 1950-an.

Sanders yang saat itu berusia 65 tahun dan bergantung pada cek Jaminan Sosial sebesar USD105 per bulan ketika dia mendaftarkan bisnis KFC dan mulai mengendarai Ford tahun 1946-nya di seluruh negeri untuk mendaftarkan pemegang waralaba baru.

6. Pernah menggugat KFC

Pada tahun 1964, Sanders memutuskan untuk menjual Kentucky Fried Chicken seharga USD2 juta kepada pengusaha John Y Brown Jr, ketika usianya 73 tahun. Pada 1972, dia menggugat Heublein, pemilik KFC selanjutnya, karena menggunakan potretnya sebagai bagian dari penjualan.

Sanders pun menuntut USD122 juta kepada Heublein. Namun, kesepakatan pun tercapai antara kedua belah pihak dengan Sanders membantu memberikan pelajaran memasak kepada para eksekutif Heublein.

7. Kutukan Kolonel Sanders

Sanders yang pemarah pernah mengutuk tim baseball Hanshi Tigers asal Jepang. Hal ini terjadi saat penggemar tim baseball itu merayakan kemenangan tim idamannya pada 1985. Mereka kemudian melempar patung Sanders yang diambil dari salah satu gerai KFC ke Sungai Osaka.

Sejak itu, tim Hanshi Tigers tak pernah menang gelar apa pun. Meski patung itu sudah diangkat dari dasar sungai pada tahun 2009, tim tersebut juga belum pernah juara. Orang Jepang akhirnya menyebut fenomena ini sebagai "Kutukan Kolonel Sanders".

Tag: Kentucky Fried Chicken (KFC)

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Sufri Yuliardi