Sabtu, 20 April 2024 Portal Berita Entrepreneur

Mengenal Swain Mahisa Ardana, Sukses Berbisnis Tekuni Dunia Musik

Foto Berita Mengenal Swain Mahisa Ardana, Sukses Berbisnis Tekuni Dunia Musik
WE Entrepreneur, Jakarta -

Di usianya yang baru menginjak 19 tahun, karier Swain Mahisa Ardana cukup mentereng. Soal talentanya, dari bermain musik, gambar, fashion design hingga berbisnis, sudah tak bisa diragukan lagi.

Kemampuan Swain Mahisa dalam bermain piano dan bernyanyi pun diakui oleh banyak musisi di Tanah Air. Terkait karier bermusiknya, ia mendapat banyak tawaran dari label. Tapi dia lebih memilih berkarier di luar kontrak label sehingga punya potensi berkarya lebih besar di musik internasional.

Namanya di belantika musik Indonesia pertama kali muncul saat tampil di Melbourne Town Hall sebagai pembuka konser, sepanggung bersama RAN, Tompi, dan Yura Yunita. Tak berlebihan, jika konser ini yang membuat Swain populer di industri musik dan anak muda.

Baca Juga: Saran Pakar ke Ruben Onsu: Setop Polemik, Pulihkan Bisnis dengan Ini

Selain talentanya di bidang musik, Swain Mahisa juga adalah anak muda berbakat dalam dunia bisnis. Kemampuannya dalam mengelola bisnis tak terbantahkan. Di usianya yang kala itu masih 17 tahun, Swain tampil sebagai founder toko sneaker online dengan omzet antara Rp200–300 juta sebulan.

Namun di tengah kegemilangannya, Swain lebih memilih memberikan usaha tersebut sepenuhnya kepada teman baiknya, Miguel, untuk membantu ekonomi keluarganya. Mantan pemilik akun @luckycatsply ini percaya jika kariernya di bidang musik dan fesyen memiliki potensi yang lebih besar dari bisnis Instagram tersebut.

Babak baru bisnisnya kemudian dijalani bersama partnernya, Yuwendra Thiomas, yang bersama-sama mendirikan brand Drip Experiments. Salah satu karyanya pernah meng-custom sepatu Nike Air Force 1 yang dilelang seharga Rp11,5 juta.

Saat ini Drip Experiments menjadi salah satu brand yang diminati dan dikagumi kalangan remaja milenial. "Saya berperan sebagai founder sekaligus creative director," aku Swain, pemilik akun Instagram @swainmahisa dengan lebih dari 200 ribu pengikut.

Terkait ketertarikannya dengan bisnis fesyen, diakuinya, ia sejak lama memang hobi dengan beragam jenis pakaian langka. "Dari umur 14 tahun saya sudah menekuni bidang fashion luxury streetwear. Inilah yang kemudian saya terinspirasi untuk membangun brand Drip Experiments," sahutnya.

Fokus bisnisnya adalah memproduksi baju dan sepatu. Hebatnya, ragam fesyen yang dibuatnya selalu sukses diburu konsumen dan para reseller-nya. Misalnya, pakaian terbaru buatannya, Stygian Dreams, harga reseller-nya sudah tembus di angka Rp1 juta.

Baca Juga: Strategi Mempertahankan Bisnis saat New Normal

Bisnis berikutnya yang menjadi sasaran pria yang bakal menyelesaikan pendidikan S-1 pada tahun ini adalah toko lelang online. Bersama James Sukamto dan Yuwendra Thiomas, mereka berpartner mendirikan @prodiguer.id yang telah diakui terbesar dan teramai di Indonesia.

Ke depan, ia tetap optimis, sejumlah bisnisnya yang menyasar pangsa pasar milenial akan terus bertumbuh. "Harus tetap optimis dan kerja keras. Setelah selesai kuliah akhir tahun ini, saya akan terjun di musik," demikian Swain.

Tag: Kisah Sukses, Bisnis

Penulis: Agus Aryanto

Editor: Rosmayanti

Foto: Swain Mahisa Ardana