Minggu, 11 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

Kisah Triliuner Tertua di Indonesia yang Sukses Berkat Jualan Sabun hingga Berharta Rp11 Triliun

Foto Berita Kisah Triliuner Tertua di Indonesia yang Sukses Berkat Jualan Sabun hingga Berharta Rp11 Triliun
WE Entrepreneur, Jakarta -

Kalau kamu belum tau, miliarder tertua di Indonesia adalah Bapak Harjo Sutanto. Ia merupakan pendiri Wings Group yang pada tahun 2019 memiliki kekayaan bersih mencapai USD 810 juta (Rp11,4 triliun). Berkat kekayaan tersebut, ia menduduki peringkat 39 orang terkaya di Indonesia.

Di usianya yang telah menginjak 94 tahun, Harjo Sutanto kini tinggal di DKI Jakarta dan menikah dengan Yenny Lilian serta dikaruniai empat orang anak. Bersama sahabatnya, Johannes Ferdinand Katuari, Harjo Sutanto menjual sabun dari pintu ke pintu lebih dari 60 tahun yang lalu di Jawa Timur.

Baca Juga: Dikenal Dermawan, Miliarder Twitter Gelontorkan Dana Rp42 M untuk Lawan Rasisme di AS!

Lewat kerja kerasnya serta konsisten dalam memasarakan dan menjual produknya, ia pun berhasil memasarkan produknya hingga masuk ke warung-warung hingga tersebar ke agen.

Saat itu nama perusahaan sabunnya adalah Fa Wings yang semula hanya memproduksi sabun colek. Seiring berjalannya waktu, ia pun akhirnya memproduksi sabun mandi merek GIV yang laku keras di pasaran.

Kini Harjo Sutanto berhasil menjadikan Wings Grup sebagai salah satu produsen sabun terbesar di Indonesia. Produknya sangat mudah dijumpai di supermarket dan toko-toko ritel, seperti Nuvo, So Klin, Kodomo, Ciptadent, dan sebagainya.

Wings juga telah menjadi perusahaan besar yang mengekspor produk-produknya ke seluruh dunia sejak berdiri 60 tahun yang lalu di Jawa Timur. Setelah bertahun-tahun, Wings telah tumbuh menjadi salah satu merk yang terkenal di Indonesia.

Sabun dan detergen menjadi produk pertama yang diproduksi oleh Wings terbukti dapat diterima oleh konsumen dengan baik. Setelah itu, produk-produk pembersih lainnya diperkenalkan dan saluran distribusi yang kuat terbentuk di seluruh Indonesia.

Wings juga terus memperluas ragam produknya hingga sekarang memproduksi dan menjual ratusan SKU produk-produk rumah tangga, perawatan pribadi dan juga produk makanan.

Satu lagi yang terkenal dari Wings Grup adalah produk mie instan bernama Mie Sedaap yang sempat heboh lantaran menggaet idol Korea Selatan, Choi Siwon. Kini pasarnya pun sudah tidak hanya di Indonesia, melainkan luar negeri.

Banyak yang menyebut bahwa kesuksesan Harjo Sutanto kini menurun ke anak-anaknya. Salah satunya adalah Fifi yang tengah memimpin Ecogreen, anak perusahaan Wings yang aktif dalam produk oleo-kimia.

Tag: Harjo Sutanto, Wings Group

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: CNBC