Sabtu, 23 November 2024 Portal Berita Entrepreneur

Tak Ketinggalan Zaman, Bob Iger Sukses Bawa Disney ke Ranah Modern Meski Berusia Hampir Satu Abad

Foto Berita Tak Ketinggalan Zaman, Bob Iger Sukses Bawa Disney ke Ranah Modern Meski Berusia Hampir Satu Abad
WE Entrepreneur, Jakarta -

Sebagai CEO Disney sejak 2005, Bob Iger membuat banyak langkah-langkah hebat dalam memimpin perusahaan yang berusia hampir satu abad itu. Serangkaian akuisisi pun ia buat untuk mempersiapkan Disney bersaing di ekosistem media saat ini.

Dilansir dari CNN di Jakarta, Jum'at (28/2/2020) yang pertama adalah akuisisi Pixar pada 2006. Iger menggambarkan dalam bukunya setelah ia mengunjungi studio Pixar.

"Para animator dan sutradara terus-menerus menantang para insinyur untuk memberi mereka alat yang dengannya mereka dapat memenuhi impian kreatif mereka," tulisnya. "Yin dan Yang ini adalah jiwa Pixar ... aku percaya akuisisi ini bisa mengubah kita."

Baca Juga: Setelah Bob Iger Mundur, Apakah Nasib Disney Bakal Baik-Baik Aja?

Iger juga tahu mendapatkan Pixar berarti mendaratkan pekerjaan untuk dewan Disney dan dapat memanfaatkan pengetahuan teknologinya dan visinya ketika perusahaan berkembang.

Akuisisi Pixar pun menghasilkan film animasi yang memenangkan penghargaan seperti "Wall-E," "Brave" dan "Coco". Selain itu, akuisisi Marvel pada 2009 juga menjadikan film Lucas pada 2012 dan Twenty-First Century Fox pada 2019 semakin menambah jumlah konten Disney.

Mungkin langkah terbesar karier Iger terjadi pada Agustus 2017 ketika dia mengumumkan bahwa Disney mengambil alih perusahaan teknologi streaming saham mayoritas BAMTech dan meluncurkan layanan streaming untuk Disney dan ESPN.

Transaksi ini memperkuat transformasi Disney menjadi raksasa teknologi hiburan, membawanya ke persaingan langsung dengan bisnis yang lebih muda seperti Netflix.

Gelombang merek media warisan lainnya mengikutinya AT&T WarnerMedia, NBC Comcast dan ViacomCBS semua mengembangkan pendaftar mereka sendiri ke perang streaming.

Iger memahami nilai penawaran langsung ke konsumen sebagai cara untuk membangun hubungan yang lebih dalam dengan penggemar Disney. Dan dia mengambil risiko untuk meluncurkan layanan streaming untuk membentuk masa depan perusahaan.

"Dia telah meletakkan dasar bagi Disney+ selama bertahun-tahun," kata Cole. "Saya pikir Iger mempertaruhkan seluruh perusahaan pada streaming, pada teknologi. Saya pikir dia benar-benar percaya itulah cara kebanyakan orang akan mengkonsumsi media."

ESPN + diluncurkan pada 2018, menawarkan ribuan jam siaran langsung olahraga yang tidak tersedia di TV nasional, serta episode serial dokumenter ESPN yang dipuji "30 for 30."

Sekitar setahun kemudian, Disney mengambil alih kendali operasional penuh Hulu, membeli saham Comcast. Dan November lalu, Disney+ diluncurkan hanya dengan USD 6,99 per bulan yang dianggap meremehkan banyak pesaing yang sudah mendapatkan hampir 30 juta pelanggan.

Keputusan untuk juga menawarkan USD 12,99 per bulan bundel Disney+, ESPN+ dan Hulu yang didukung komersial juga membantu perusahaan memaksimalkan asetnya.

Iger sendiri menyebut Disney+ sebagai: "produk paling penting yang telah diluncurkan perusahaan kami dalam waktu yang lama, tentu saja dalam masa jabatan saya."

Tag: Bob Iger, The Walt Disney Company

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Twitter/The Washington Times