Jum'at, 29 Maret 2024 Portal Berita Entrepreneur

Mantap! Founder Tokopedia Akan Wakili Indonesia di Ajang Entrepreneur Dunia di Tahun 2020

Foto Berita Mantap! Founder Tokopedia Akan Wakili Indonesia di Ajang Entrepreneur Dunia di Tahun 2020
WE Entrepreneur, Jakarta -

William Tanuwijaya, pendiri dan CEO PT Tokopedia, dinobatkan sebagai pemenang nasional EY Entrepreneur Of The Year 2019. William akan mewakili Indonesia di EY World Entrepreneur Of The Year pada Juni 2020 di Monte Carlo, Monaco. Di sana, William akan kembali bersaing dengan pemenang negara EOY lainnya dari seluruh dunia untuk mendapatkan gelar penghargaan global.

Program EY EOY adalah penghargaan bergengsi yang bertujuan untuk menghargai wirausahawan yang tak terhentikan, mereka yang terus membawa kesuksesan ke tingkat berikutnya melalui inovasi produk dan layanan, serta memberikan peluang yang berdampak pada ekonomi negara dan masyarakat secara luas.

Baca Juga: Sasar Pasar Halal, Tokopedia Luncurkan Layanan Baru

Penghargaan ini diumumkan oleh Alisjahbana Haliman, ketua dewan juri. Sementara, piala diberikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir disertai oleh Hari Purwantono, Country Managing Partner EY Indonesia.

"William muncul mengungguli para finalis top yang tidak kalah luar biasa, berdasarkan enam kriteria penilaian, yaitu semangat kewirausahaan, penciptaan nilai, arahan strategis, dampak nasional dan/ atau global, inovasi, integritas pribadi, dan kepemimpinan yang didorong oleh tujuan," ujar Hari Purwantono di Ritz-Carlton Pacific Place, Rabu (13/11/2019).

"Sepuluh tahun yang lalu kami memulai Tokopedia lewat sebuah mimpi, untuk ikut mendorong dan mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital. Di sanalah perjalanan entrepreneurship saya dimulai. Yang kenal dekat dengan saya sering mendengar bahwa saya selalu mengatakan saya ini beruntung karena hidup saya penuh dengan kegagalan dan dari kegagalan tersebut saya belajar banyak sekali," ujar Founder Tokopedia, William Tanuwijaya, di Ritz-Carlton Pacific Place, Rabu (13/11/2019).

Selain pemenang utama, EY menghadirkan 2 kategori pemenang yang diberikan kepada Bambang Sutantio, Pimpinan PT Cisarua Mountain Dairy (Cimory Group) untuk Food Manufacturing Entrepreneur, dan M. Iman Usman & A. Belva S. Devara, CPO & CEO PT Ruang Raya Indonesia (Ruangguru) untuk Emerging Entrepreneur. Tahun ini, EY juga memberikan Penghargaan Kehormatan Seumur Hidup untuk Theodore Permadi Rachmat, CEO PT Triputra Group.

Kelompok pemimpin kewirausahaan ini dipilih oleh anggota dewan juri independen berdasarkan enam kriteria termasuk semangat kewirausahaan, penciptaan nilai, arahan strategis, dampak nasional dan/atau global, inovasi, dan integritas. William dipilih dari 16 nominasi dan 7 finalis yang bersaing untuk memperebutkan gelar.

Tag: Tokopedia, William Tanuwijaya, EY Entrepreneur Of The Year 2019

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Foto: Bernadinus Adi Pramudita